HUT Mamuju ke 475: Saat Budaya Membalut Pemerintahan Modern

Bupati MamujuDr.H. Suhardi Duka saat memberi sambutan. (hms)
Bupati Mamuju Dr.H. Suhardi Duka saat memberikan sambutan. (hms)

BULAN Juli memiliki makna tersendiri bagi Kabupaten Mamuju. Tepatnya tanggal 14 Juli, merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Barat ini. Untuk tahun 2015, atas usulan Pemerintah Kabupaten Mamuju dan disepakati oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mamuju, peringatan HUT ke 475 digelar pada hari Kamis, 23 Juli 2015, disalah satu hotel di Mamuju yakni dengan melaksanakan Sidang Paripurna Istimewa.

Berbeda dengan sidang paripurna lainnya, dalam peringatan HUT Mamuju, sidang paripurna berlangsung dengan syarat akan nilai budaya. Terlihat dengan penggunaan atribut adat oleh peserta sidang. Pun kehadiran Maradika (raja) Mamuju bersama perangkat adatnya menambah nilai sakral serta kekentalan budaya pada peringatannya.

Pemandangan yang cukup kontras dengan sidang paripurna lainnya tersebut bukan tanpa alasan, diakui oleh Bupati Mamuju,
Dr. H. Suhardi Duka, peringatan hari jadi Mamuju yang juga akrab disebut Manakarra memang dimaknai secara kultural, oleh
itu simbol-simbol daerah didahulukan seperti penggunaan pakaian adat dan atribut adat lainnya.

Menurutnya, sebuah sistem pemerintahan yang modern tetap harus terikat dengan budaya yang ada pada suatu daerah.Sebagai Kepala Pemerintahan di Kabupaten mamuju, Suhardi Duka yang sukses membawa mamuju keluar dari kategoridaerah tertinggal mengatakan, visi pemerintahan yang modern tanpa dilandasi dengan nilai kultural akan sulit berkembang.

Contohnya, seiring pesatnya perkembangan teknologi, kini terdapat berbagai fitur yang dapat digunakan dalam sistem pemerintahan seperti e-planning, e-budgeting, e-controlling, e-disiplin dan fitur lain. Menurutnya, perkembangan teknologitersebut diterapkan dalam birokrasi kelas dunia atau birokrasi yang lebih modern. Namun, lanjutnya, dalam menciptakan integritas juga ketulusan, teknologi yang modern tersebut mutlak dibarengi dengan nilai budaya.

“Olehnya itu, budaya, prinsip-prinsip hidup, seperti tammatindo di bongi, tammarare di allo itu semua menjadi nilai-nilai kultur bagaimana pemimpin harus lebih bekerja keras, mementingkan rakyatnya dibanding dengan dirinya sendiri.” Jelasnya.

Tak sampai disitu, dari kacamata SDK, sapaan akrab Bupati Mamuju ini, nilai budaya selalu mengarah kepada perwujudan kebaikan, etika, juga perwujudan seni. Sehingga, jika nilai budaya terbalut pada seseorang ataupun pada sistem pemerintahan, maka orang atau sistem tersebut akan menjadi baik dan perasa, sebab seni adalah rasa, termasuk rasa peka terhadap orang lain.

Nilai budaya yang memberi pengaruh positif, mesti beriring dengan sebuah sistem yang modern. Suhardi Duka menggambarkan, walaupun orang sangat berbudaya, memiliki nilai seni yang tinggi, tetapi dia tidak modern dalam artian tidak menguasai sains dan teknologi, tidak mampu menggunakan aplikasi komputer tentu akan lumpuh.

“apalagi seorang pemimpin, ia tidak mampu mengontrol bawahannya satu persatu, olehnya itu dibutuhkan e-control, seperti penggunaan CCTV, walaupun kita di Jakarta, kita tetap tahu bahwa orang bekerja diruangan tertentu, inilah birokrasi yang modern.” Sebut Bupati dua periode ini.

Konsep keseimbangan ala Suhardi Duka tersebut telah diterapkan di Kabupaten Mamuju. Pengaruhnya bukan hanya dirasakan di lingkup Pemerintahan Kab. Mamuju, tapi juga oleh pemangku adat. Terbukti, pada peringatan HUT Manakarra ke 475 , Suhardi Duka mendapat gelar dan penghargaan dari Dewan Adat dengan nama To Mallebai Angatang, yang artinya adalah orang yang memiliki keseimbangan.

Menanggapinya, Suhardi Duka mengatakan bahwa itulah peran yang ia lakukan selama memimpin Kabupaten Mamuju, selalu berusaha untuk menyeimbangkan. Diibaratkan, jika sebuah perahu miring ke kiri, maka kita harus berada di kanan, pun sebaliknya, jika perahu miring ke kanan, kita harus ke kiri untuk tetap seimbang. (hms/dian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *