Igor Girkin atau ‘Igor Strelok’ Alias ‘Si Penembak’

Igor Strelkov  (ist)
Igor Strelkov (ist)

Moskow.-Pemimpin separatis pro-Rusia, Igor Strelkov mendadak ramai dibicarakan setelah dirinya muncul untuk mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17. Media sosial yang terhubung ke Igor memuat, pemberontak Ukraina pro-Rusia telah menembak jatuh pesawat kargo Angkatan Darat Ukraina di lokasi sekitar MH17 tertembak.

Komentar yang muncul dari pemimpin kelompok pemberontak “Republik Rakyat Donetsk” itu menyebutkan, mereka secara tak sengaja menembak MH17, karena awalnya diyakini sebagai pesawat kargo Angkatan Darat Ukraina.

Strelkov memiliki mantan istri dan anak-anak yang masih tinggal di Moskow, Rusia. Nomor paspor Rusia dan alamatnya di Moskow pun telah dipublikasikan media Ukraina.

Seperti diberitakan Daily Mail, Sabtu (19/7/2014), menurut para tetangga di Moskow, tempat Strelkov tinggal dulu, pria itu dikenal sebagai Igor Girkin. Namun anak buahnya memanggil dia Igor Strelok — yang artinya “Igor si Penembak” atau “Igor The Shooter”.

Strelkov diberitakan pernah keluar masuk Chechnya antara 1999 dan 2005 sebagai agen Federal Security Service – dulunya KGB. Menurut intelijen Ukraina, Strelkov masuk ke perbatasan Ukraina di Simferopol pada 26 Februari lalu, saat maraknya aksi pemberontakan di Crimea.

Di media sayap kanan Rusia, Strelkov dianggap sebagai figur pahlawan yang siap mengorbankan nyawanya demi negara Rusia dan masa depannya.

Kami baru saja menembak sebuah pesawat AN-26 di dekat Torez. Pesawat itu jatuh di sekitar area tambang,” tulis sebuah akun di ‘VK’ yang diasosiasikan dengan Igor.

Pada 17 Juli, sebuah akun Twitter beratasnamakan “Republik Rakyat Donetsk” merilis beberapa pernyataan yang mengklaim telah menyita sistem rudal dari Angkatan Darat Ukraina.

“@dnrpress: sistem rudal ‘Buk’ telah disita oleh DNR dari resimen A1402 Ukraina,” demikian bunyi postingan di Twitter itu.

Analis militer mengutarakan, rudal jangka menengah ‘Buk’ adalah senjata yang kemungkinan besar digunakan untuk menembak jatuh MH17.

Sebuah pernyataan di media sosial tersebut, yang diyakini berasosiasi dengan Igor, sempat dirilis dan kemudian dicabut. Pos ini menyebut, “Kami telah memperingatkan anda, jangan terbang di atas langit kami.” “Dan inilah sebuah video yang mengkonfirmasi adanya sebuah ‘burung terbang yang jatuh’,” lanjut pernyataan itu seraya memuat tautan ke sebuah video yang memperlihatkan warga setempat tengah menyaksikan asap hitam di atas langit.(dtc/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *