Indonesia Akhirnya Punya Pesawat Kepresidenan

 

esawat Kepresiden RI tiba di Halim Perdanakusuma Jakarta (ist)
Pesawat Kepresiden RI tiba di Halim Perdanakusuma Jakarta (ist)

Indonesia akhirnya memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat khusus yang dirancang oleh Boeing ini, Kamis, 10 April 2014 tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Badan pesawat berkelir biru muda dan putih saat mendarat di Halim disaksikan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgintoro, Menteri Perhubungan E.E Mangindaan, Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo, dan Kasau Marsekal Ida Bagus Putu Dunia setelah melakukan perjalanan selama empat hari dari Amerika Serikat.

Sebelum tiba di Indonesia, tepatnya tanggal 7 April 2014 pesawat kepresiden ini diterbangkan dari Delware AS menuju Wellington, kemudian menuju Sacramento AS.

Pada hari kedua, 8 April kembali diterbangkan dari Sacramento ke Honolulu, dan hari ketiga, 9 April dari Honolulu dilanjutkan terbang ke Guam. Kemudian, tanggal 10 April, take off dari Guam menuju Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta.

Pesawat ini berjenis Boeing 737-800 BBJ-2 dengan Kapasitas bahan bakar: 39.539 liter. Ukuran: panjang 39,5 meter, rentang sayap 35,8 meter, tinggi ekor 12,5 meter, diameter 3,73 meter ini nantinya akan dioperasikan oleh skuadron 17 Halim PK.

Pesawat yang dipesan ke pabrikan Boeing di Seattle, Amerika Serikat tahun 2012 lalu. Harganya dikisaran 1triliun rupiah.
Kapasitas bahan bakar 39.539 liter. Mampu terbang hingga 10.334 kilometer, melintasi benua. Kecepatan maksimal 0,85 mach di ketinggian 41.000 kaki.
“Kalau pesawat biasa tankinya satu. Pesawat kepresidenan ini tankinya enam,” kata Sesmensesneg Lambock V Nahattand beberapa waktu lalu.

Kelebihannya pesawat ini mampu terbang 10-12 jam. Mampu mendarat di bandara yang kecil, memiliki peralatan navigasi, komunikasi dan security sistem. Pesawat ini memiliki kapasitas maksimal 70 orang. (sumber merdeka.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *