Ini Dia Calon Kuat Menteri Bidang Ekonomi

Miranda S  Goeltom, Darmin Nasution dan Sri Mulyani (ist)
Miranda S Goeltom, Darmin Nasution dan Sri Mulyani (ist)

Jakarta.- Proses pemilihan menteri yang akan duduk di Kabinet Indonesia Hebat masih terus berlangsung. Ada kabar yang berhembus jika proses itu baru akan berakhir, Senin, 20 Oktober 2014, dan akan diumumkan sehari setelah Presiden terpilih Jokowi-JK dilantik.

Banyak pihak yang menunggu, siapa saja yang bakal menduduki kursi strategis di kabinet ini. Namun yang pasti kabinet Indonesia Hebat ini akan di isi sejumlah profesional, baik dari kalangan partai maupun akademisi. Jokowi pun pernah berujar bahwa kabinetnya di isi oleh kalangan ahli dan profesional untuk sektor strategis di bidang perekonomian. Penegasan itu juga diperkuat oleh wakil presiden terpilih Jusuf Kalla. “Pasti akan di isi oleh kalangan profesional, ” sebutnya kepada wartawan.

Kalangan ekonom pun punya harapan besar. Sektor perekonomian ini menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan, khususnya dalam menempatkan menteri yang kredibel dan punya pengalaman yang baik dalam mengatasi krisis ekonomi.

“Menkeu itu harus figur yang berpengalaman yang pernah menghadapi krisis sebagai pengambil keputusan dan regulator. Lalu menkeunya teknokrat yang andal dan sudah hadapi krisis besar 2008, 2005, 1998,” ujar ekonom senior Standard Chartered Fauzi Ichsan. Sedangkan untuk posisi menteri koordinator perekonomian diharapkan sosok yang memiliki kepribadian untuk bisa jadi pemimpin di antara menteri-menteri di sektor ekonomi. Tak masalah kalaupun diambil dari mantan menko. “Sehingga sangat perlu menko itu mantan menko yang dihormati menteri ekonomi lain,” kata dia.

Untuk kriteria menteri BUMN, menteri perdagangan dan menteri ESDM disarankan diisi oleh teknokrat dan profesional.
Ada bebarapa nama yang santer dibicarakan. Salah satunya adalah Sri Mulyani. Meski pernah disebut-sebut tersandung kasus Century, Sri Mulyani sangat dijagokan untuk menjadi menjadi Menko Perekonomian.

Direktur Pelaksana pada Bank Dunia tersebut kemampuannya tidak diragukan lagi. Wanita yang mulai menapak kariernya sebagai Asisten Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu juga sukses meraih sejumlah penghargaan.

Dia pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik di Asia pada tahun 2006 oleh Emerging Markets. Majalah Forbes pun mendapuknya sebagai wanita paling berpengaruh ke 23 dunia pada tahun 2008 silam, dan menjadi wanita paling berpengaruh ke dua di Indonesia versi Majalah Globe di tahun 2007.

Nama Darmin Nasution pun santer disebut mengisi Kabinet Indonesia Hebat. Mantan Gubernur Bank Indonesia ini punya pengalaman yang cukup untuk posisi strategis di bidang ekonomi. Selain itu ada juga nama Mahendra Siregar, kepala badan Koordinasi Penanama Modal (BKPM). Kemudian Wakil Menteri Keuangan Bambang Brojonegoro ikut disebut punya peluangĀ .

Untuk posisi menteri Perencanaan Pembangunan (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan (Bappenas) ada nama Armida Alisjahbana dan Chatib Basri.

Di posisi menteri koperasi dan UKM, kandidat terkuat ialah pendiri Yayasan Cinta Anak Bangsa Veronica Colondam. Selain posisi menteri koperasi dan UKM, perempuan lulusan S2 dari Imperial College London ini juga menjadi kandidat posisi menteri perempuan dan menteri sosial.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *