Ini Dia Perusahaan Pembakar Hutan di Indonesia

Kebakaran hutan di Riau (ist)
Kebakaran hutan di Riau (ist)

Jakarta (rakyatbersatu.com) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) akhirnya mengungkap perusahaan yang terlibat pembakaran hutan di Indonesia, jumlahnya ada 56 perusahaan, dan 16 diantaranya dibekukan izinnya.

Hal itu disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya pada Jumpa persnya di Gedung Kemenko Polhukam, Senin malam, 21 Desember 2015  yang juga dihadiri Kapolri Badrodin Haiti dan Menkopolhukam Luhut Pandjaitan.

Dijelaskan Siti Nurbaya, semua perusahaan terlibat pembakaran hutan dikenakan sanksi, “Sanksi administrasi pencabutan izin 3, sanksi administrasi pembekuan izin 16, paksaan pemerintah 4, tahap penyusunan sanksi administrasi 14, dan tahap pengawasan 19. Total ada 56 perusahaan,” kata Siti.

Diakui Siti bahwa ada sekitar 200 perusahaan yang disinyalir terlibat dalam pembakaran lahan. Perusahaan itu masih terus dipross di Kementerian KLH. Tidak menutup kemungkinan perusahaan yang terlibat pembakaran hutan itu dikenakan sanksi pidana.

Untuk meminimalisasi terjadi pembakaran hutan oleh perusahaan, pihak KLH secara intens melakukan komunikasi dengan kepala daerah, khususnya di wilayah terjadi pembakaran hutan. Selain itu, KLH juga memaksimalkan pembinaan dan pengawasan ke dunia usaha.

Terkait inisial perusahaan yang dikenai sanksi terkait kasus kebakaran hutan juga diungkap oleh Menteri KLH. Tercatat ada 23 perusahaan yang sudah diproses.Berikut inisial ke-23 perusahaan tersebut beserta lokasi dan sanksinya:

Sanksi: Pencabutan Hak Pengusahaan Hutan
1. HSL Riau

Sanksi: Cabut Izin Lingkungan
1. DHL Jambi
2. MAS Kalbar

Sanksi: Paksaan Pemerintah
1. WKS Jambi
2. IHM Kaltim
3. KU Jambi
4. BSS Kalbar

Sanksi: Pembekuan Izin
1. BMH Sumsel
2. SWI Sumsel
3. SRL Riau
4. PBP Jambi
5. BMJ Kalbar
6. IFP Kalteng
7. TKM Kalteng
8. KH Kalteng
9. DML Kaltim
10. SPW Kalteng
11. HE Kalteng
12. WAJ Sumsel
13. RPP Sumsel
14. LIH Riau
15. TPR Sumsel
16. BACP Kalut  (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *