Ini Penyebab Air PDAM tidak Lancar

Beginilah keruhnya air sumber dari PDAM
Beginilah keruhnya air sumber dari PDAM

Bantaeng, RBC – Istilah sekarang “tidak pake lama”, begitu membaca berita di media ini tentang sulitnya para pelanggan memperoleh air bersih dari PDAM di beberapa lokasi, Dirut PDAM M. Ilyas, SE., bergerak turun langsung menangani masalah yang terjadi, misalnya, di Jalan Seruni, Bantaeng, Sulsel, Selasa (6/1). Dia didampingi Kabag Pelayanan dan Kabag Teknik.

Setelah diperiksa, ternyata sebab terjadinya air dari pipa PDAM jadi menurun debitnya sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan sebagaimana biasa, karena pipa air yang memanjang di sepanjang jalan dalam kota Bantaeng, terjepit oleh akar pohon trembesi yang juga banyak tumbuh di sepanjang jalan yang selama ini berfungsi sebagai penghijauan.

“Akar trembesi ini menjepit pipa hingga pipa jadi retak. Retakan pipa itu dimasuki lagi oleh akar-akar rumput yang halus sampai masuk ke pipa induk. Itulah sebabnya air jadi tertahan karena pipanya tersumbat,” jelas Ilyas, kemarin. “Betul itu, beberapa waktu lalu saya pernah membongkar pipa induk yang ada di depan rumah dinas Kadis PU, berkisar dua sampai tiga meter. Ternyata akar halus pohon itu menyumbat pipa,” kata Ago, Kabag Teknik menambahkan.

Berdasarkan keterangan Ilyas,  endapan lumpur di dalam pipa menumpuk pada bagian terendah yang kebetulan masuk ke beberapa rumah pelanggan. Inilah sebabnya air sulit masuk ke rumah. “Untuk mengatasi masalah ini kran pembuangan harus dipindahkan dari tempatnya yang sekarang ke pipa lebih rendah sehingga endapan air keruh yang berada didalam pipa mengalir ke kran pembuangan. Caranya, kran pembuangan yang sebelumnya lebih tinggi dari pipa induk, dipindahkan ke tempat yang lebih rendah. Sekarang, pipa ke pelanggan lebih tinggi. Jadi airnya sudah lancar,” terang Ilyas, sambil mengelap keringat yang membasahi wajah dan lengannya.

“Sebenarnya, tumbuhan trembesi lebih cocok ditanam dipinggir sungai atau di hutan, karena akar pohon ini bagus untuk menahan tanah dari longsor dan banyak menyerap air,” kata Amsir, seorang warga di Jalan Seruni, sambil memuji kecepatan kerja pihak PDAM. (armin/uka)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *