Inventarisir Tenaga Usia Kerja di Desa

Nurdin-AbdullahBupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah meminta kepada seluruh Kepala Desa dan Lurah segera menginventarisir tenaga usia kerja di wilayahnya masing-masing.

Bila datanya sudah ada, segera koordinasikan ke tingkat kecamatan agar diperoleh data akurat tentang tenaga usia kerja yang belum mendapat pekerjaan.

Langkah inventarisasi tersebut diperlukan untuk mengantisipasi pengoperasian industri pengolahan bijih nikel (Smelter) di Kawasan Industri Bantaeng (KIBA), ujarnya ketika bersilaturahmi dengan jemaah Masjid Ereng-Ereng, Jum’at (10/01).

Menurut Bupati Bantaeng, berdasarkan data tersebut, industri akan melakukan seleksi sesuai kebutuhan perusahaan. ‘’Jadi tidak perlu lagi melamar ke perusahaan. Perusahaanlah yang akan meminta data ke kecamatan,’’ urainya.

Menurut data, tingkat pengangguran di Bantaeng mengalami penurunan drastis dalam 5 tahun terakhir. Tenaga yang belum bekerja hanya tersisa 3.500 orang dari 180.000 penduduk.

Sementara itu, kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan untuk pengelolaan industri mencapai angka minimal 10 ribu orang.

Masih menurut Bupati HM Nurdin Abdullah, industri Smelter milik PT Titan Mineral Utama tahun ini sudah melakukan konstruksi dan tahun depan (2015) sudah berproduksi.

Tahun berikutnya (2016), industri lainnya juga segera berproduksi. Karena itulah, diperlukan tenaga kerja dalam jumlah besar.

‘’Dan, kita hanya memiliki 3.500-an sehingga masih perlu didatangkan tenaga dari luar agar industri berbasis ekspor tersebut bisa beroperasi dengan baik,’’ jelasnya.

Ia mengingatkan perlunya mewaspadai oknum-oknum yang mengatasnamakan pejabat atau mengaku mampu mengurus untuk bekerja di perusahaan.

‘’Dari sekarang saya mengingatkan untuk tidak mempercayai bila ada oknum yang mengaku-mengaku sebab Camatlah yang akan berkoordinasi dengan perusahaan,’’ tandasnya.(sy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *