James dan Oddie Agam Ditantang Ciptakan Lagu Baru

Oddie Agam dan James F Sundah mengapit produser Seno M Hardjo.
Oddie Agam dan James F Sundah mengapit produser Seno M Hardjo.

SEMPAT bekerja di Amerika dan  tak produktif mencipta lagu lantaran  kecewa berat pada pemerintah RI  yang gagal memberantas pembajakan hak cipta, maestro komposer James F. Sundah (59 th), akan mengeluarkan karya terbarunya. Pasalnya, seiring akan digarap dan dirilisnya album bertajuk “The Great Composser”, pencipta lagu hits Lilin Lilin Kecil  ini bersama pencita lagu Antara Anyer dan Jakarta  – Oddie Agam – ditantang  produser Seno M. Hardjo  untuk menciptakan lagu baru untuk melengkapi album re-aransemen bermaterikan 12 lagu karya dua  hits maker dimana lagu-lagunya tergolong evergreen dan akan dilantunkan penyanyi generasi baru.

“Semoga saya  dan Oddie bisa memenuhi tantangan tersebut. Maklum,  10 tahun terakhir ini saya  tak mengeluarkan lagu baru lantaran kecewa berat pada negara  yang tak bisa atasi pembajakan hingga saya memutuskan  hijrah ke Amereika Serikat menjadi TKI,” seloroh James F. Sundah didampingi Oddie Agam kepada RB.Com di Gerai KFC Kemang, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Menurut komposer bergelar insinyur kelahiran Semarang – Jawa Tengah,1 Desember 1955 ini, sebenarnya kalau bukan karena ajakan sang produser Seno – sahabat lama yang konsisten menjaga dan merawat karya-karya besar musik Indoneisa, ia masih takut nyemplungin enam lagu hits karyanya untuk album The Great Composer. “Sepengetahuan saya pembajakan  karya cipta di tanah air masih meraja-lela. Lima menit album dilansir, produk bajakannya sudah beredar di mana-mana. Bahkan, album belum keluar, bajakannya sudah ada. Semoga, dengan berlakunya  Undang-Undang Hak Cipta  yang baru No.28 tahun 2014, system industri musik di tanah air menjadi benar,” harap James seraya menerangkan dengan diaransmen ulang lagu Lilin-Lilin Kecil yang pertama dipopulerkan Almarhum Chrisye, berarti sudah ada 58 versi lagu lansiran tahun 1977 tersebut.

Album The Great Composser  bakal diproduksi dan dipasarkan Music Fatory Indonesia, menyuguhkan  enam  lagu mahakarya James F Sundah dan enam karya Oddie Agam seperti Antara Anyer dan Jakarta, Arti Kehidupan, Memori, Wow. Begitulan Cinta dan Aku Cinta Padamu. “Melengkapi 12 lagu baru tersebut, semoga James dan Oddie bisa menyertakan  masing-masing satu karya terbaru mereka. Atau mereka menciptakan satu lagu bersama yang dipastikan menjadi magnet kuat album The Great Composser – lantaran merupakan gabungan lirik bermakna sangat mendalam karya James. Dan lagu-lagu cinta meletup-letup dari Oddie Agam,” ujar Seno M. Harjo yang sebelumnya memproduseri album Fariz RM dan Dian PP in Collaboration with… menutup pembicaraan. * (naskah dan foto – ata)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *