JICA Kagum Pembangunan Bantaeng

JicaJICA (Japan International Coorporation Assosiation) Pusat Jepang mengaku kagum dengan pembangunan di Kabupaten Bantaeng.

‘’Ternyata pembangunan di Kabupaten Bantaeng sangat pesat. Dan, saya senang sebab dalam pembangunan tersebut JICA dan Jepang turut berperan,’’ kata Direktur Bidang Program JICA Hokkaido Internasional Center Mr Murata Shunichi saat berkunjung ke Bantaeng, Kamis (23/1).

Mr Murata Shunichi berada di kabupaten berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulsel bersama Staf Biro Komunikasi International Sapporo Ms Takahasi Ayumi.

Selain itu, hadir pula Ketua Koordinator Bidang Urusan International, Group Perencanaan International Kantor Gubernur Hokkaido, Mr Ichinohe Keji, Ketua Departemen Hubungan International Kota Sapporo, Mr Komuro Tadashi, serta Konsuler Karier JOCV JICA Hokkaido International Center, Mr Minato Kazou.

Tamu dari negeri Sakura yang diantar langsung Kepala Perwakilan JICA untuk Kawasan Timur Indonesia Dr Inaba Makoto M.Sci, Ph.D tersebut diterima Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah di rumah jabatan Bupati Bantaeng, Kamis (23/1).

Bupati pada penerimaan tetamu tersebut didampingi Wakil Bupati H Muhammad Yasin, Plt Sekda H Abd Latief Naikang dan sejumlah pimpinan SKPD di daerah ini.

Menurut Mr Murata Shunichi, peran JICA dan Jepang di daerah ini tidak kecil. Ia bahkan kaget mendengar laporan bahwa eksper JICA, Mr Tanaka yang ada di Bantaeng difasilitasi mobil lengkap dengan sopirnya serta pemondokan di lokasi binaannya.

Masih menurut Direktur Bidang Program JICA Hokkaido Internasional Center pihaknya bersama pejabat di Sapporo bekerjasama untuk pembinaan petugas pemadam kebakaran (Damkar).

Tahun lalu, tambahnya lagi, ada 20 orang petugas Damkar dari Indonesia yang dilatih di Jepang.

Khusus kedatangannya di Bantaeng membawa pejabat terkait dimaksudkan untuk memperkenalkan dan melihat langsung perkembangan di daerah ini.

Ketua Koordinator Bidang Urusan International Mr Ichinohe Keji mengaku kagum dengan kerjasama yang sudah terbangun selama ini. ‘’Sebagai orang yang bergerak di bidang kerjasama internasional, ini menjadi pelajaran berharga,’’ ujarnya.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah dalam sambutan penerimaannya juga memuji kerjasama kedua belah pihak. Kerjasama yang baik ini menimbulkan respon positif dari investor sebab standar Jepang telah terpenuhi.

‘’Produk kita sudah masuk Jepang sehingga memudahkan negara lainnya untuk menanam modal di Banataeng,’’ terang Nurdin Abdullah yang juga menjelaskan bantuan Hitachi untuk RS Prof Dr Anwar Makkatutu.

Kerjasama dengan Rumah Sakit Ehime juga telah terjalin, bahkan Direkturnya yang sudah memasuki masa pensiun akan ke Bantaeng membangun system, terutama masalah pelayanan.

‘’Bila RS tersebut berjalan, kita berharap, orang tak perlu lagi ke Singapura. Cukup di rujuk ke Bantaeng,’’ tambahnya.

Bupati HM Nurdin Abdullah juga memperkenalkan potensi wilayahknya yang sudah jauh berbeda disbanding awal pemerintahannya pada 2008.

‘’Kini semua sektor, mulai dari batas daerah hingga ke pegunungan sudah dibenahi, diubah menjadi kawasan yang dapat dikunjungi seperti kawasan Pantai Seruni, Lamalaka, dan kawasan wisata terpadu Pantai Marina. Sedang dipegunungan dikembangkan kawasan wisata agro,’’ urainya.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *