Jika Ingin Menang, Jokowi Harus Pilih Jusuf Kalla

kalla jokowijkkkkkkkkNama HM Jusuf Kalla semakin santer disebut sebagai calon kuat untuk mendampingi Joko Widodo dalam Pilpres 2014. Dalam berbagai survei elektabilitas Jokowi jika berpasangan dengan JK cukup tinggi, dibanding jika Jokowi dipasangkan dengan figur cawapres lainnya.

Meski belum ada kepastian siapa yang dipilih Jokowi untuk menjadi wakilnya, nama JK terus menggelinding. Bahkan beberapa pihak  menilai  JK tidak akan mampu mendonkrak kemenangan Jokowi dengan berbagai alasan. Namun demikian, sebagian pengamat punya alasan kuat JK akan mampu membawa kemenangan yang sangat signifikan bagi Jokowi dalam Pilpres andai saja Jokowi memilih putra terbaik Sulsel itu.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit, menilai, bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo, harus menggandeng JK, politisi senior Partai Golongan Karya, yang juga Wakil Presiden 2004-2009.

“Jika ingin memenangkan Pemilihan Presiden 2014. Jokowi harus memilih JK. Dia merupakan sosok yang pas untuk mengimbangi Jokowi di dalam pemerintahan, ” ungkap Arbi Sanit saat ditemui wartawan di acara Dialog Interaktif Suksesi Kepemimpinan Nasional di Tengah Capres Bermasalah”, di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 14 April 2014.

Menurut Arbi Sanit, Jokowi belum memiliki pengalaman yang cukup memimpin pemerintahan dalam skala nasional. Karena itu, Jokowi butuh figur pendamping yang punya pengalaman. ” Kalau dari sisi popularitas Jokowi masih di atas angin, tetapi itu tidak cukup. Untuk itu, dibutuh wakil yang kuat, dan figur itu adalah Jusuf Kalla. Sosok ini sangat memahami persoalan makro ekonomi nasional dan internasional.

Arbi Sanit tidak sependapat dengan pihak lain yang mengatakan Jokowi tidak cocok dengan JK karena alasan senioritas, justru sebaliknya capres itu harus diwakili oleh dua generasi agar saling melengkapi.

Sebagai tokoh senior, kata Arbi Sanit, JK nantinya bertugas menjadi pembuat inisiatif, usul, dan ide-ide untuk membantu kerja Jokowi. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *