JK Minta Pemerintah Segera Naikkan Harga BBM

HM Jusuf Kalla (ist)
HM Jusuf Kalla (ist)

Jakarta.– Wakil Presiden terpilih HM Jusuf Kalla meminta pemerintahan SBY untuk segera menaikkan harga BBM sekarang juga. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari meningkatnya utang Indonesia akibat besarnya biaya subsidi BBM.

“Pemerintahan baru kan dilantik 20 Oktober 2014. Berarti kalau November tidak ada lagi bensin dijual. Kami yang salah. Harus dari sekarang dinaikan. Jadi, tergantung pemerintahan sekarang ini. Kalau mereka naikkan, tidak perlu kami naikan nanti November nanti,” kata Wakil Presiden terpilih, Jusuf Kalla (JK) di rumahnya Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Senin, 25 Agustus 2014.

Mantan Ketua Umum Golkar itu menilai dana subsidi BBM sebaiknya dialihkan untuk kebutuhan yang lebih produktif, misalnya pembangunan rumah sakit, sekolah dan perbaikan jalan.

“Pemerintah sekarang tinggal mengalihkan saja dana subsidi itu ke tujuan yang produktif. Tidak terlalu sulit melakukan hal itu. Untuk membangun infrastruktur, intinya kan harus ada dana. Kalau dana terserap hanya subsidi BBM, tentu tidak akan jalan pembangunan infrastruktur itu,”tandasnya.

Diakui JK, kebijakan menaikkan harga BBM tidak populis. Tetapi sekarang ini, tidak ada lagi yang menolak kenaikan harga BBM itu, termasuk rakyat kecil. ” Lebih suka mana, ada BBM atau tidak ada, ada tapi harga murah, tentu akibatnya negara menjadi bangkrut,” ungkapnya.

Menurut JK, kebijakan menaikkan BBM tidak perku mendapat persetujuan dari DPR. Karena itu adalah kewenangan pemerintah untuk menjaga keberlangsungan bangsa ini. JK mencontohkan, jika BBM benar habis pada November, itu berarti kita dalam masalah besar. Makanya harus segera diambil kebijakan menaikkannnya.

“Harus naik.Kalau tidak, Dimana pemerintah mengambil uang? Utang negara bisa melebihi 3 persen GDP. Itu artinya kita sudah melanggar undang-undang,” tandasnya. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *