Jokowi Sebut Wakilnya Putra Makassar

Joko Widodo (ist)
Joko Widodo (ist)

Meski masih belum menyebut nama siapa yang bakal mendampinginya pada Pilpres 2014, Joko Widodo sedikit mulai membuka siapa yang bakal mendampinginya. Ada dua nama putra Makassar yang bakal mendampingi, selain HM Jusuf Kalla, nama Abraham Samad yang juga Ketua KPU makin menguat mendampingi Jokowi.

“Sudah ada satu nama, tapi dikantongi dulu. Putra Makassar. Kita cari momentum yang baik. Kita cari momentum yang baik,” ujar Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Jumat (16/5).

Apakah keputusan cawapres itu masih menunggu Golkar yang akan menggelar rapimnas pada 18 Mei mendatang? Jokowi membantahnya.

Sebelumnya Abraham Samad mengaku sudah mendapat restu dari internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk maju sebagai calon wakil presiden 2014. Dikatakan Abraham, restu itu didapat setelah dilakukan komunikasi antara dirinya dan internal KPK.

“Jadi seperti yang dulu saya katakan pada saudara-saudara bahwa sebagai manusia biasa, manusia beragama kita tidak mampu menolak takdir, Begitu pula kita tidak mampu mengatur takdir. Saya sudah tanya pimpinan KPK yang lain gak ada masalah,” kata Abraham usai menghadiri Rapimnas LDII di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (15/5).

Abraham menambahkan, KPK merestui langkahnya menjadi RI 2 asalkan tetap mengedepankan agenda pemberantasan korupsi di Tanah Air. “Jadi misal pimpinan KPK itu di mana pun, di mana pun orang-orang KPK berada yang penting dia bisa membawa misi pemberantasan korupsi. Itu inti yang sebenarnya,” tegas Samad.

Menanggapi menguatnya kabar Abraham Samad menjadi Cawapres Jokowi tersebut, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP, Puan Maharani menyambut positif. Menurutnya, memang dalam peraturan seorang pejabat publik harus mundur terlebih dahulu jika menjadi capres atau cawapres.

“Kalau internal KPK sudah ada persetujuan itu bagus, tetapi kan nanti ada mekanismenya sendiri di KPK,” ujar Puan usai peletakan batu pertama di kantor DPP PDIP lama di Jalan Diponegoro No 58, Menteng, Jakarta Pusat.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *