Jumlah Korban Tragedi Mina Capai 1.107 Jemaah

Jenazah korban tragedi Mina (Kamis 24/9/2015) (foto istimewa)
Jenazah korban tragedi Mina (Kamis 24/9/2015) (foto istimewa)

Makkah (rakyatbersatu.com) – Jumlah korban meninggal akibat tragedi Mina 2015 yang terjadi Kamis (24/9/2015) kini mencapai 1.107 orang jemaah berasal dari berbagai negara. Dari jumlah itu diperkirakan masih akan bertambah lagi karena sampai saat ini masih banyak jenazah belum diidentifikasi.

“Jumlahnya diperkirakan akan terus bertambah. Jam 16 akan dirilis lagi foto-foto jenazah setelah 1.107 foto ini, ” kata Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin pada jumpa pers di Kantor Urusan Haji Daker Makkah, Senin (28/9/2015).

Menurut Menag Lukman Hakim, pemerintah Arab Saudi akan terus memberi informasi terkait jemaah yanh mengalami musibah dengan mengirimkan foto korban yang meninggal, dan itu dilakukan bertahap. Tahap pertam 500 foto, tahap kedua 350 foto dan ketiga 257 foto. ” Kita masih menunggu foto-foto tahap keempat, belum tahu berapa jumlahnya, ” kata Lukman.
Diakui Lukman masih ada lima trailer atau kontainer yang belum dibuka yang berisi puluhan jenazah korban musibah Mina.

Terkait jumlah korban dari Indonesia, Lukman mengatakan jumlah sudah mencapai 45 orang, dan 41 merupakan jemaah haji Indonesia, yang empat lagi adalah mukimin yang juga sedang menunaikan ibadah haji di tanah Makkah.

Untuk mempercepat proses indetifikasi korban asa Indonesia, pihak Kemenag juga melakukan lobi diplomatik dengan harapan para dokter Indonesi dibolehkan terlibat dalam proses identifikasi para koran. ” Kita ingin langsung melihat jasad korban dan mengidentifikasinya, tanpa harus menunggu foto-foto yang dikirim pemerintah Arab Saudi. Kita ingin aktif dalam proses itu, ” kata Lukman.

Lukman mengaku tidak mengetahui dengan pasti bagaiman pihak Arab Saudi melakukan proses indetifikasi. Namun demikian Indonesia harus berhati-hati dan lebih mengutamakan akurasi, sehingga data korban yang diidentifikasi dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami tidak tahu bagaimana mereka mengidentifikasi korban. Tapi yang kita lakukan penuh dengan kecermatan dan hati-hati,” tandasnya. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *