Jurnal Dialektika Memuat Artikel Silariang

Drs.Abd Wahab, M.Si,
Drs.Abd Wahab, M.Si,

Jurnal Dialektika Kontemporer diterbitkan S3 Sosiologi PPs-UNM, pada edisi terbaru, tahun pertama edisi kedua, Juli-Desember 2013, memuat salah satu artikel tentang Silariang dalam masyarakat Makassar.

Artikel itu ditulis oleh Nurmi Nonci, Dosen Diperbantukan Kopertis IX Sulawesi di Universitas 45 Makassar dan mahasiswa S3 Sosiologi UNM bersama dengan Ketua Prodi S3 Sosiologi PPs-UNM, Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si. Demikian ditegaskan, Kordinator Dewan Penyunting Jurnal Dialektika Kontemporer, Drs.Abd Wahab, M.Si, Jumat, 10 Desember 2014.

Perkawinan silariang ini tandas Wahab, mengambil studi kasus  pada komunitas masyarakat Makassar khususnya di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa, Temuan lapangan menunjukkan, kasus silariang  masih menjadi fenomena sosial yang sampai hari ini terus berlangsung.

Dalam perspektif sosial dalam artikel itu ungkap Wahab, fenomena dipahami sebagai sistem norma  menata serangkaian tindakan untuk memahami kebutuhan dasar masyarakat. Didalamnya berisi peran tertentu untuk menjalankan fungsi-fungsinya dari sistem norma tersebut.

Dalam komunitas Makassar, penyimpangan terhadap norma sosial seringkali sangat dilematis apalagi jika penyimpangan tersebut berkaitan dengan hal sakral, seperti dalam kasus perkawinan yang dapat menciptakan ketegangan dan konflik-konflik sosial (konflik antar keluarga), tandas Mahasiswa S3 Sosiologi PPs-UNM ini.

Edisi kedua ini memuat 15 naskah dari para pemerhati masalah-masalah sosiologi. Dua penulis berasal dari kampus Universitas Teknologi Malaysia. Selain itu ada juga penulis dari Unismuh Kupang dan beberapa mahasiswa S3 Sosiologi PPs-UNM yang sedang merampungkan studinya, tandas Dosen Tetap Yayasan UVRI Makassar ini.

Pengelola Dialektika Kontemporer, Ketua Dewan Redaksi, Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si. Penyunting Pelaksana, Drs.Muhammad Yahya, M.Si. Sekretaris Redaksi, Ambo Upe, S.Sos, M.Si. Penyuntinga ahli di antaranya; Prof.Dr.Idrus Abustan, Prof.Dr.Tahir Kasnawi, SU, Prof.Dr.Darmawan Salman, M.Si, Prof.Dr. TR.Andi Lolo, Prof.Dr.Hamdan Djuhannis. Dr.Andi Tenri Mahmud, Dr.Arlin Adam, M.Si, Dr.Bastiana, M.Si.(ym/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *