Kadis PU Mamuju Sesalkan Pengembang Jalan Arteri

banjier2Mamuju. Musibah banjir yang terjadi di pusat kota Mamuju, pada Rabu, 3 Desember 2014 diakui Kepala Dinas Pekerjaan umum Kab.Mamuju H.Suaib sebagai banjir terparah yang pernah terjadi di ibu kota Sulbar ini.

“Saya sudah puluhan tahun ada di Mamuju tapi baru kali ini saya melihat banjir begini besar terjadi di kota Mamuju “ kata Suaib saat di konfirmasi wartawan di kediamannya jl. Pengayoman Mamuju pada Rabu malam.

Atas musibah banjir tersebut, mantan Kepala Dinas Perhubungan ini sangat menyesalkan pihak pengembang jalan arteri yang dituding sebagai penyebab utama terjadinya luapan air dalam kota Mamuju.

“Jauh hari sebelum kejadian ini, atas perintah Bupati Mamuju yang memang telah memprediksi kondisi terburuk yang akan terjadi seperti sekarang ini usai beliau memantau langsung pembangunan jalan arteri,Kami sudah peringatkan kepada PT.AKAS dan Tujuh Wali-wali selaku pengembang jalan arteri untuk segera membuka akses air ( DAS ) menuju kelaut, bahkan kami telah buatkan surat teguran kepada mereka dan mereka telah berjanji untuk melakukan itu, tapi hingga saat ini tidak pernah dilakukan sehingga terjadilah hal seperti ini “ jelas Suaib.

Selain itu Kadis PU ini juga menilai dalam melaksanakan kegiatannya pihak pengembang tidak sesuai dengan AMDAL yang dipersyaratkan oleh Badan Pengendalian Dampak Lingkungan ( Bapedalda) Mamuju, dimana seharusnya mereka memberikan laporan rutin pelaksanaan proyek tersebut namun hingga sekarang pun tidak pernah dilakukan “ ini akibat terlalu ego, mereka sama sekali tidak pernah melakukan koordinasi kekita “ tegas Suaib.

Untuk menindaklanjuti kejadian ini rencananya seluruh pihak terkait, diantaranya BAPEDALDA, PU, Dinas Tata ruang dan kebersihan serta pihak pengembang akan dipanggil ke DPRD Mamuju untuk memberikan penjelasan hari ini, Kamisi ( 4 Desember 2014 ). (hms/aras)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *