Kapal Perang AS Temukan 6 Korban AirAsia QZ8501

Suasana evakuasi korban AirAsia di Pangkalan Bun (istimewa)
Suasana evakuasi korban AirAsia di Pangkalan Bun (istimewa)

Jakarta,RBC.- Upaya pencarian korban AirAsia QZ8501 yang jatuh disekitar Laut Karimata terus digencarkan. Tim Gabungan Basarnas, hari ini, Jumat kembali menyasar sejumlah wilayah perairan Pangkalan Bun hingga ke laut Jawa.

Kondisi cuara hari ini dilaporkan dalam situasi yang kurang mendukung, Gelombang laut mencapai 3-4 meter, sedangkan hembusan angin dikisaran 30-35 knot.

“Kondisi cucara seperti, kata Direktur Operasional Basarnas, SB Supriyadi, akan menyulitkan pencarian termasuk mengevakuasi korban. Meski demikian tim gabungan Basarnas akan berupaya maksimal melakukan pencarian korban.

Dalam laporan sebelumnya diungkapkan bahwa kapal perang Amerika Serikat Sampson102 yang juga ikut melakukan pencarian korban menemukan 6 jenazah. Demikian juga kapal perang Malaysia, Hang Lekir juga menemukan 1 korban.

Korban AirAsia yang ditemukan ini akan dievakuasi ke Pangkalan Bun, kemudian di identifikasi awal,selanjutnya diterbangkan ke Surabaya.

Sementara itu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hari ini akan fokus melakukan pencarian blackbox. KNKT akan akan berusaha melakukan pencarian itu dengan mendeteksi suara dari dalam laut.

“Kita fokus mencari black box. Pencarian blackbox ini dilakukan dengan mendeteksi ‘suara’ blackbox dari dalam laut.Soal lokasinya kita masih belum tahu. Ini masih mencari,” tutur.kepala KNKT Tatang Kurnia.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *