Kapolda Sulselbar Ingatkan Netralitas Polisi Hadapi Pemilu 2014

Kapolda sulselbar Burhanuddin Andi (ist)
Kapolda sulselbar Burhanuddin Andi (ist)

Bantaeng, (RakyatBersatu).Kapolda Sulselbar Irjen pol Drs H Burhanuddin Andi SH, MH mengingatkan jajarannya bersama jajatan TNI, PNS, KPU, Panwas agar bisa menjaga netralitas menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif yang akan disusul pemilihan Presiden RI.

‘’Jaga netralitas dan jadilah contoh di tengah masyarakat agar tidak terjadi riak dalam pelaksanaan pesta demokrasi yang akan dihelat 19 April 2014 dan disusul Pilpres pada September 2014,’’ pintanya saat melakukan tatap muka dengan unsur Muspida, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Ketua KPU, Ketua Panwaslu, Pimpinan Parpol, LSM dan pensiunan Polri di Bantaeng, Kamis (6/3).

Menurut Kapolda, satu diantara mereka ini tidak melaksanakan amanah dengan baik, hasilnya pasti ribut. Karena itu, ia juga meminta kepada para tokoh atau orang-orang yang dianggap berpengaruh agar turut mengambil peran.

Peran para tokoh ini sangat penting sebab silaturahmi masyarakat semakin menipis akibat perbedaan pilihan. ‘’Kita hanya mengejar dunia sehingga lupa bahwa kita masih sekeluarga dan serumpun,’’ jelasnya.

Karena itulah, peran tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama atau orang-orang yang didengar agar berperan mengendalikan situasi. ‘’Polisi hendaknya mendekati orang-orang seperti ini agar tidak salah memainkan perannya sehingga pesta demokrasi bisa berjalan dengan baik,’’ tambah Burhanuddin Andi.

Dan, bila semua pihak sudah berkomitmen, kita tinggal melaksanakan pesta demokrasi tersebut tepat waktu, sambung Kapolda yang juga meminta kepada jajarannya untuk membantu Panwaslu dalam mewaspadai munculnya Caleg pusat yang sering mencuri star kampanye.

‘’Ini harus menjadi perhatian Panwas, namun tentu saja harus dibekap Polisi dan Jaksa yang baik agar Panwas tidak menjadi main-mainan dan pada akhirnya ada yang merasa dicurangi,’’ tandasnya.

Tentang program Polres, tentu butuh bantuan Pemda dan semua pihak, terutama di Kabupaten Bantaeng yang sedang menjadi sorotan karena eksis menerima investor.

Meski begitu, Kapolda mengingatkan agar semua pihak, termasuk masyarakat harus bersinergi. ‘’Jangan hanya Pemda yang siap sebab investor memikirkan faktor keamanan investasinya,’’ ujarnya.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *