Kapolres Bone Pelopori Shalat Minta Hujan

Kapolres Bone Kapolres Bone, AKBP Juliar Kus Nugroho
Kapolres Bone Kapolres Bone, AKBP Juliar Kus Nugroho

BONE, RBC – Kapolres Bone Kapolres Bone, AKBP Juliar Kus Nugroho tidak hanya memperhatikan terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat di dalam wilayah tugasnya di seantero Kabupaten Bone yang merupakan kabupaten terluas di Sulawesi Selatan.

Dia juga ternyata menaruh perhatian kepada bidang di luar tugas pokoknya. Perhatian AKBP Juliar tertuju kepada kondisi alam yang sekarang berada dalam musim kemarau yang terbilang ekstrim, sehingga apabila dalam waktu yang singkat ini tidak segera turun hujan, maka dikhawatirkan tanaman padi petani khususnya di Kabupaten Bone, terancam gagal panen.

Kerisauannya tersebut menimbulkan inspirasi bagi Juliar untuk memelopori warga yang melaksanakan shalat Jum’at untuk melaksanakan shalat Istikharah. Di dalam ajaran Islam, shalat istikharah ialah shalat sunnah khusus untuk minta hujan. Shalat khusus minta hujan tentu saja ditujukan kepada Allah swt, karena Dia adalah pencipta dan pemilik alam semesta ini. Maka, tidak ada Tuhan yang patut dimintai segala sesuatu selain Allah swt.

“Kita sangat membutuhkan hujan untuk mengairi sawah agar petani tidak gagal panen. Sebelum shalat Jum’at, Saya memang perintahkan anggota untuk melakukan koordinasi dengan para Imam Masjid agar selesai shalat Jum’at kita semua melaksanakan shalat istikharah,” ujar AKBP Juliar. Maka, seusai shalat Jum’at dilaksanakan, para jamaah langsung melaksanakan shalat istikharah di masing-masing Masjid di Kabupaten Bone.

Bukan hanya shalat istikharah diprakarsai oleh Juliar. Sehari sebelumnya, Kamis, 30 Juli, Kapolres Bone berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran berusaha membantu petani dengan cara menyiramkan air untuk mengairi sawah di Kecamatan Cina dan Awangpone. Kendaraan water canon dan sejumlah armada milik dinas pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengairi sejumlah petak sawah seusai kemampuan armada.

Tentu saja upaya ini tidak cukup mengairi seluruh sawah yang begitu luas di Kabupaten Bone. “Ya kita berusaha semampu yang kita bisa lakukan. Itu sebabnya, kita mohon kepada Allah swt agar diturunkan hujan. Tidak ada yang mustahil bagi Allah swt jika Dia meridhoi,” kata Juliar memberikan keterangannya kepada media ini melalui ponselnya malam tadi. (uka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *