Kapolsek Katobu Ajak Masyarakat Jaga dan Tingkatkan Kantibmas

Kapolsek Katobu AKP Muh. Ogen Sairi, SH
Kapolsek Katobu AKP Muh. Ogen Sairi, SH

Raha, RBC — Bulan suci Ramadhan adalah moment yang paling tepat dan strategis untuk melakukan koreksi-koreksi internal kepribadian masing-masing individu dalam masyarakat. Karena di bulan yang sangat mulia tersebut, Allah swt menurunkan Rahmat-Nya. Perlindungan dan Pengampunan dosa-dosa bagi tiap-tiap ummat Islam tanpa pilih kasih. Tentu, rahmat, perlindungan dan pengampunan dosa dari Allah swt tersebut  tidak berdiri sendiri, mesti diikuti dengan ketulusan dan keikhlasan menjalani ibadah puasa Ramadhan serta melakukan amaliah Ramadhan lainya oleh tiap muslim selaku khalifah di muka bumi.

 Tausiyah tersebut disampaikan Kapolsek Katobu, AKP Muh. Ogen Sairi, SH pada kegiatan Safari Ramadhan di hadapan pengurus dan lima ratusan jama’ah Masjid Baitul A’la di Kelurahan Laiworu, Kec. Batalaiworu, Raha, Kab. Muna, Rabu malam (24/6).

 Dalam Tausiyahnya, Ogen Sairi mengajak kepada segenap komponen masyarakat di Kec. Batalaiworu agar senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan menjalani ibadah puasa Ramadhan dengan tiga indikator, yakni; kekhusyuan, ketulusan dan keikhlasan. Indikator ini, secara sadar akan membentuk pribadi-pribadi muslim yang taat hukum beragama, berbangsa dan bernegara sebagai implementasi aktual nilai-nilai ibadah keseharian, khususnya di bulan suci Ramadhan, sehingga pada pasca Ramadhan, kita semua sudah terbiasa melakukan hal-ibadah dengan baik dan melakukan hal-hal yang baik.

 Salah satu implementasi aktual nilai-nilai ibadah puasa tersebut bagi pribadi dan masyarakat muslim adalah bagaimana menjaga dan meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban bermasyarakat (Kantibmas) dari waktu ke waktu, sebab usaha penjagaan dan peningkatan kwalitas Kantibmas sesungguhnya merupakan bagian dari ibadah yang nilainya di hadapan Allah swt sangat tinggi.

 “Saya mengajak segenap elemen ummat dan masyarakat agar terus menjaga dan meningkatkan Kantibmas setiap saat, karena situasi Kantibmas yang kondusif merupakan kebutuhan bersama umat dan masyarakat yang tidak mungkin diabaikan”, ungkap Ogen Sairi.

 Situasi Kantibmas yang kondusif, kata Ogen akan berdampak positif terhadap dimensi-dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, termasuk terciptanya iklim usaha yang kondusif. “Kita patut memaknai nilai-nilai amaliah Ramadhan itu senantiasa terintegrasi dan teraplikasi dalam segenap aktivitas keseharian umat di bangsa ini dari waktu ke waktu tanpa mengulur-ngulur waktu”, katanya.

 Pada kegiatan Safari Ramadhan ini, hadir pula Camat Batalaiworu, Amrin Fiini, SE, Kepala KUA Kec. Batalaiworu, La Ode Abdul Syukur, Ketua DPC Nahdatul Ulama Kab. Muna, Mohammad Ridwan, S.Ag,M.Pd.I, Danramil 1416-01/Katobu di wakili Serka Haridin Buma, Lurah Laiworu, Adi Jaya Purnama, STp., MSii, Babinkantibmas Laiworu, Briptu Pol. Fajar dan sejumlah tokoh agama di Kec. Batalaiworu.(Syukur La Ode Abdul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *