Kasus SKK Migas, KPK Bidik Tersangka Baru

Gedung KPK (ist)
Gedung KPK (ist)

Komisi Pemberantasan Korupsi membidik pihak pemberi dan penerima suap di lingkungan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas di luar tiga orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Juru bicara KPK, Johan Budi, menyatakan tujuan penyidik memanggil Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan, terkait upaya menelusuri pihak-pihak lain di luar para tersangka.

“Pengembangan kasus SKK Migas ini terkait siapa penerima dan pemberi selain yang sudah ditetapkan sebagai tersangka,” kata Johan di KPK, Jakarta Selatan, Jumat (8/11/2013).

Tiga tersangka SKK Migas saat ini adalah mantan Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini, Komisaris PT Kernel Oil Pte Ltd Indonesia, Simon Gunawan Tanjaya, dan guru golf Devi Ardi.

Jika dalam pengembangan kasus ini ditemukan data pihak-pihak penerima atau pemberi di luar tiga tersangka tersebut, Johan Budi menambahkan bisa dibuka penyelidikan baru.

“Kalau ada informasi atau data yang kemudian bisa dikembangkan ke penyelidikan baru, itu bisa dilakukan. Tapi, sampai hari ini, SKK Migas belum ada penyelidikan, selain yang berkaitan dengan ESDM,” ujar Johan Budi.

Johan Budi menyatakan, hari ini, Karen sedang menjalani pemeriksaan lanjutan. Dia dianggap penting memberi kesaksian soal dugaan suap terhadap Rudi Rubiandini.

“Pemeriksaan kemarin belum selesai sehingga hari ini dilanjutkan,” ujar Johan. (okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *