Kegiatan Gotong Royong Kian Menipis

Nurdin Abdullah
Nurdin Abdullah

Bantaeng, .- Kegiatan gotong royong masyarakat dalam beberapa waktu terakhir terlihat semakin menipis. Masyarakat kini semakin sibuk dengan kegiatannya hingga melupakan nilai-nilai kegotongroyongan yang menjadi cirri khas masyarakat, terutama di desa.

Hal itu dikemukakan Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah ketika menutup Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XI dirangkaikan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 42 tingkat Kabupaten yang dilangsungkan di Balai Kartini Bantaeng, Selasa (17/6).

Menurut bupati, kegiatan desa saat ini cenderung lebih mengandalkan teknologi seperti masuknya alat berat ke desa. Padahal, persoalan desa biasanya diatasi secara bergotongoyong.

Ia kemudian mengemukakan penghargaan kepada organisasi wanita, terutama PKK dan Dharma Wanita Persatuan yang banyak mengambil peran melakukan peningkatan pengetahuan dan kesejahteraan melalui berbagai pelatihan maupun gerakan sayang ibu.

Kegiatan tersebut sangat penting untuk memberikan keahlian (skill) terhadap kaum ibu di desa. Dengan begitu, ketahanan keluarga juga menjadi terbantu, urainya.

Agar peran organisasi wanita maksimal, Bupati Bantaeng berharap, terjalin sinergi program dengan SKPD sehingga program pembinaan lebih banyak yang bisa disentuh, pintanya.

Ketua Panitia Penyelenggara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XI dirangkaikan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 42 tingkat Kabupaten Meyriyani melaporkan, kegiatan sebulan penuh ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya gotong royong masyarakat.

Kegiatan tersebut merupakan warisan leluhur untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

Selain itu, juga dimaksudkan untuk memperkuat sinergi menuju kemandirian serta menumbuhkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan dalam memelihara hasil pembangunan.

Masih menurut Meyriyani yang juga Kepala PMD Kabupaten Bantaeng, kegiatan ini diwarnai berbagai lomba di tingkat desa, tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *