Kejar Target PAD, SKPD Harus Kerja Ekstra

gub sulbarTarget Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulbar 2013 Rp1.534.000.000. Namun penerimaan Sulbar baru mencapai 69 persen. Itu terhitung hingga akhir November dimana realisasi penerimaan daerah Sulbar mencapai Rp1.059.913.614.

Olehnya itu, sebelum tutup tahun, Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) untuk mencapai target PAD masing-masing. Para kepala dinas, badan, biro, kantor, sekretaris DPRD, Korpri maupun KPID Sulbar diminta memerhatikan realisasi retribusi daerah dan sumbangan pihak ketiga triwulan III 2013 yang dikelola langsung.

Kepala Bidang Retribusi dan Pendapatan Daerah Lainnya Dinas Pendapatan Daerah Sulbar, Tanri Ajeng Rasyid, saat ditemui mengatakan, itu berdasarkan surat Gubernur Sulbar yang ditujukan ke Dispenda Sulbar. Surat bernomor 974/4500/X/2013 tersebut menyatakan agar memerhatikan realisasi retribusi daerah dan Sumbangan Pihak Ketiga untuk triwulan ketiga.

“Gubernur telah bersurat untuk secepatnya mencapai target PAD masing-masing. Namun capaian PAD rata-rata SKPD Sulbar sudah cukup memuaskan. Umumnya sudah tercapai. Bahkan ada yang lebih,” ujarnya.

Saat ini belum dapat diketahui apakah target akan terpenuhi atau tidak. Sebab masih ada SKPD yang belum memasukkan laporan terakhirnya terhitung Desember. “Tapi sepanjang belum ada data, saya tidak bisa memberikan keterangan,” ujarnya.

Namun optimalisasi penerimaan tetap harus dijalankan sesuai perencanaan sebelumnya. Hanya saja untuk mengetahui hasil capaian PAD Sulbar 2013 masih akan menunggu hingga tutup tahun. Untuk selanjutnya akan diumumkan pada awal 2014 mendatang. (sumber fajar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *