Ketua DPD dan Gubernur Sulsel Sepakat Percepat Pembangunan KTI

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (ist)
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (ist)

Makassar.RBC. Gubernur Sulsel kembali melakukan gebrakan untuk mempercepat pembangunan di wilayah yang dipimpinnya. Hal tersebut dibuktikan dengan ditandatanganinta nota kesepakatan, Memorandu of Understanding (MoU) antara Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman dan Syahrul Yasin Limpo, Minggu malam, 21 Desember 2014 di Rumah jabatan Gubernur Sulsel.

Gubernur Sulsel menegaskan bahwa penandatanganan MoU ini sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi yang akan membangun Jalan Tol Laut yang dimulai dari Sulsel hingga Gorontalo. ” Kita berharap dengan nota kesepakatan ini percepatan pembangunan di Kawasan Timur Indonesia (KTI), khususnya Sulsel dapat kita pacu,” ujar Syahrul Yasin Limpo.

Penandatanganan yang disaksikan empat orang anggota DPD Sulsel yakni Aziz Qahhar, Bahar Ngitung, Iqbal Parewangi dan Ajeip Padindang, menurut Irman Gusman bertujuan menghapus kesenjangan pembangunan di kawasan timur dan itu dimulai di Sulsel.

“Ini pertama kalinya dibuat MoU, kita buat karena selama ini pembangunan terfokus di daerah barat saja, padahal Sulsel sangat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional dengan angka 8,3 persen,” ujar Irman.

Setelah membuat MoU dengan Pemerintah Provinsi Sulsel, berikutnya menyusul propinsi lainnya yang melibatkan anggota-anggota DPD-nya. Setelah itu, pihaknya kemudian akan bertemu dengan Presiden Jokowi dan pimpinan DPR dalam pembahasan APBN Perubahan tahun 2015.

“Kita akan mulai percepatan pembangunan di sektor infrastruktur, karena itu jadi tulang punggung ekonomi, awal akan dibangun jalan Trans Sulawesi, listrik dan Waduk, berikutnya sektor pertanian dan pendidikan,” ungkap Irman. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *