Ketua DPRD Bantaeng Kecam Pembangunan Tanggul Lingkar Pantai Seruni

Batu-batu pondasi yang terlihat roboh dan terlepas dari tanggul, karena diduga menyalahi bestek dalam pembangunannya.
Batu-batu pondasi yang terlihat roboh dan terlepas dari tanggul, karena diduga menyalahi bestek dalam pembangunannya.

Bantaeng, RBC – Ketua DPRD Bantaeng H. Sahabuddin mengecam melihat pembangunan tanggul jalan lingkar luar Pantai Seruni yang bobol. Padahal tanggul tersebut baru saja dikerjakan oleh kontraktor pelaksananya.  

”Dasar pondasi tanggul seperti ini mungkin kurang menggunakan semen. Belum apa-apa sudah lepas dikikis ombak,” katanya bernada keras ketika melihat langsung kondisi tanggul tersebut,  langsung, Sabtu pagi 20/12/2014. Terlihat jelas batu-batu pondasi sudut tanggul yang berhamburan.

“Bukan itu saja, selain tanggul jalan ini, di bagian lain saya juga melihat gorong-gorong yang dikerjakan asal jadi,” kata legislator PKS ini sembari menambahkan bahwa  kontraktor yang melaksanakan tanggul ini pasti bekerja tidak sesuai bestek.

Sahabuddin menyatakan, sudah waktunya mengevaluasi kontraktor yang selalu diberi kepercayaan mengerjakan proyek-proyek besar di Bantaeng. “Saya tidak tahu teknik konstruksi, tapi dari pengamatan saya, jembatan biasanya saya lihat pakai balok beton bertulang, tapi di jembatan ini saya tidak melihat tidak lihat dipasangi balok beton bertulang,” kata Idrus, anggota DPRD lainnya yang juga ikut dalam peninjauan tersebut.

Melihat faktanya bahwa bangunan tanggul dipasang tegak lurus, Sahabuddin berpendapat, proyek pembangunan tanggul yang menggunakan anggaran negara miliaran rupiah ini, seharusnya tidak dibangun tegak lurus, melainkan harus dipasang miring sekian derajat untuk menghindari arus pasang air laut yang menghempas. “Kalau pasangannya tegak lurus maka tanggul ini tidak akan bertahan lama menghadapi hempasan ombak, sehingga akhirnya roboh,” kata Sahabuddin.

Sayangnya Sahabuddin belum mau menyebut nama perusahaan kontraktor yang mengerjakan tanggul ini. Wartawan media ini akan terus mencari tahu, kontraktor mana yang mengerjakan proyek tanggul ini. (man/uka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *