Kolombia dan Kosta Rika Menang Besar

Tim Nasional Kolombia (ist)
Tim Nasional Kolombia (ist)

Sau Paulo.- Di Grup C, Kolombia menujukkan kelasnya sebagai negara yang patut disegani di ajang Piala Dunia 2014 setelah menekuk Yunani 3-0 tanpa balas. Sementara di Grup D, Kosta Rika berhasil membungkam Uruguay dengan 1-3.

Laga pembuka Grup C yang berlangsung di Estadio Minierao,Belo Horizonte, Sabtu malam, 14 Juni 2014 membuat Yunani terperangah, ketika pertandingan baru berlangsung lima menit pertama. Lewat tendangan Pablo Armero hasil kerja sama Juan Cuadrado tak mampu ditepis oleh penjaga gawang Yunani yang di kawangi Orestis Karneziz. 1-0 untuk Kolombia.

Tidak sampai semenit berselang setelah gol tersebut, Yunani mendapatkan peluang bagus. Namun, tendangan dari Panagiotis Kone masih melebar di sebelah kiri gawang Kolombia.

Sepanjang babak pertama, Kolombia kerap mengandalkan kecepatan dalam membangun dan menusuk pertahanan Yunani.  Sebaliknya, Yunani kerap bertahan dengan menumpuk delapan pemain di depan kotak penalti.

Di babak kedua, Kolombia tetap tampil prima. Pada menit ke-54, Juan Cuadrado, yang tampil impresif sepanjangpertandingan ini, mendapatkan peluang. Namun, tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih melambung.

Pada empat menit berselang, Kolombia memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Gol ini bermula dari sebuah sepak pojok.Bola yang mengarah ke Abel Aguilar diteruskannya dengan sebuah sepakan kaki kanan ke tiang jauh. Di sana, sudah menunggu Teo Gutierrez, yang langsung menyambarnya dengan sepakan kaki kiri.

Yunani berusaha membalas. Pada menit ke-63, Theofanis Gekas menyambut sebuah umpan silang dengan sundulan. Namun,
sundulannya masih menerpa mistar gawang.

Usaha Kolombia untuk mencetak gol ketiga akhirnya baru berbuah pada injury time babak kedua. Lagi-lagi, Cuadrado menjadi pemula terciptanya gol. Dengan hasil ini, Kolombia untuk sementara memimpin Grup C dengan nilai 3.

Susunan Pemain:

Kolombia: Ospina, C. Zapata, Yepes, C. Sanchez, Armero (Arias 74), Aguilar (Mejia 69), Teo Gutierrez
(Jackson Martinez 76), James Rodriguez, Cuadrado, Ibarbo, Zuniga.
Yunani: Karnezis, Maniatis, Manolas, Samaras, Kone (Karagounis 78), Salpingidis (Feltfazidis 57), Torosidis, Gekas
(Mitroglou 64), Sokratis, Chovelas, Katsouranis.

uruguayUruguai Keok
Sementara itu di Grup D, Uruguay tidak tampil maksimal harus menelan pil pahit dari Kosta Rika, dengan angka telat 1-3.
Dengan hasil ini, Uruguay memperpanjang rekor tak pernah menang di laga pertamanya di Piala Dunia.

Sempat unggul terlebih dahulu, Uruguay harus menutup laga dengan kekalahan 1-3 dari Kosta Rika. Gol penalti Edinson Cavani dibalas tiga gol dari masing-masing Joel Campbell, Oscar Duarte, dan Marcos Urena. Gol ini tercipta di babak kedua masing-masing di menit ke-54, 57, dan 84.

Kemenangan ini membawa Kosta Rika sementara memuncaki klasemen Grup D dengan tiga poin. Di belakangnya ada Inggris dan Italia yang belum bermain. Sementara Uruguay menempati posisi juru kunci.

Dalam laga di Estadio Castelao, Fortaleza, Minggu (15/6/2014) dinihari WIB, Uruguay unggul lebih dahulu lewat penalti Cavani. Penalti dihadiahkan wasit usai kapten Uruguay Diego Lugano dijatuhkan Junior Diaz di kotak terlarang.

Kekalahan dari Kosta Rika ini sendiri dicatat Infostrada sebagai kekalahan terbesar Uruguay di partai pertama di Piala Dunia.
Lebih jauh lagi, juara dunia dua kali ini juga tercatat tak pernah bisa bangkit dari kondisi tertinggal lantas menang selama 48  tahun. Terakhir kali mereka melakukannya adalah pada Piala Dunia 1966, saat mengalahkan Prancis 2-1.

Yang menarik, Uruguay ternyata terbiasa mengawali kiprah di Piala Dunia dengan hasil pahit. Opta mencatat La Celeste tak pernah memenangi laga perdananya di Piala Dunia sejak terakhir kali di edisi 1970 di Meksiko. Kala itu, Uruguay menang 2-0 atas Israel dan mengakhiri kompetisi di tempat keempat. Artinya, sudah 44 tahun catatan ini berlangsung.(yd/bbs)

Susunan Pemain

Uruguay: Muslera, Lugano, Godin, Gargano (Gonzalez 60′), Rodriguez (Hernandez 76′), Forlan (Lodeiro 60′), Stuani, Pereira, Arevalo Rios, Cavani, Caceres
Kosta Rika: Navas, Gonzalez, Umana, Borges, Duarte, Bolanos (Barrantes 89′), Campbell, Ruiz (Urena 84′), Diaz, Gamboa, Tejeda (Cubero 75′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *