Kominfo Parepare Terapkan Aplikasi Pendirian Tower Online

ilustrasi tower (ist)
ilustrasi tower (ist)

Parepare (rakyatbersatu.com) – Salah satu persyaratan mendapatkan izin prinsip pembangunan tower operator telekomunikasi seluler adalah rekomendasi. Syarat ini berlaku untuk operator telekomunikasi yang berencana membangun menara telekomunikasi seluler di wilayah Kota Parepare

Guna memberi kemudahan pengurusan administrasi yang satu ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Parepare dikabarkan telah menerapkan sistem aplikasi online dalam penerbitan izin rekomendasi dimaksud. Kebijakan ini merupakan salah satu upaya inovasi yang dilakukan Dinas Kominfo Kota Parepare tahun 2015.

Kadis Kominfo Kota Parepare, H Iwan asaad, mengatakan, penerapan aplikasi online untuk izin mendirikan menara BTS (Base Transceiver Station) telepon seluler adalah salah satu upaya pihaknya mendukung Program Smart City Wali Kota Parepare, melalui penyelenggaraan e-government.

Iwan berharap, kedepan aplikasi ini dapat pula diterapkan pada seluruh SKPD dalam lingkup Pemerintah Kota Parepare. Sebelumnya, kata Iwan, dalam penerbitan rekomendasi awal untuk mendapatkan izin prinsip mendirikan menara telekomunikasi dilakukan secara manual.

Kepala seksi Aplikasi dan Telematika, Dinas Kominfo Kota Parepare, Joko Setioko menjelaskan kebijakan penggunaan aplikasi online dalam penerbitan rekomendasi pendirian menara telekomunikasi diharapkan berdampak pada tertib administrasi pembangunan tower di Kota Parepare.
“Tim kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare terlibat langsung dalam inovasi untuk merancang alur proses sistem aplikasi penerbitan rekomendasi tersebut yang merubah proses pembuatan draft Rekomendasi yang selama ini dibuat manual kedalam sebuah sistem aplikasi online,” papar Joko.

Cara kerja sistem tersebut, ujar Joko cukup sederhana. Langkah awal operator menginput semua persyaratan pembangunan tower sesuai ketentuan yang berlaku kedalam sistem aplikasi sebagai rujukan legalitas sistem untuk melakukan print out format rekomendasi.

Sistem ini kata dia, tidak akan bisa mencetak format file Rekomendasi Mendirikan Menara Telekomunikasi apabila salah satu input komponen persyaratan pembangunan tower yang telah ditetapkan tidak dapat dipenuhi oleh perusahaan yang akan membangun tower.

Dinas Kominfo juga menerapkan pelaksanaan sistem pengukuran jarak digital antar tower dengan memanfaatkan penanda letak titik koordinat lokasi BTS. Titik ini selanjutnya dikoneksikan dengan pemetaan digital pada aplikasi google map.

Dengan cara ini dapat dilakukan pengukuran digital jarak antara titik koordinat dengan format Rekomendasi Mendirikan Menara Telekomunikasi yang tercetak melalui Sistem Aplikasi Rekomendasi BTS sebagai syarat terbitnya Izin Prinsip Pembangunan Tower.(.arahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *