Komodo Cup Bangun Dinamika Orang Manggarai di Makassar

Drs Arda Senaman, M.Si,
Drs Arda Senaman, M.Si,

Makassar (rakyatbersatu.com) – Turnamen Sepak Bola Komodo Cup Manggrai ke 12  ini setiap tahunnya dilaksanakan oleh warga perantau Manggarai di Makassar dengan  meriah.  Tahun 2015 ini pelaksanaannya diketuai  Antonius Janur, SE, S.Pd.

       Turnamen ini, tidak hanya sepak bola yang dipertandingkan, tetapi juga bola voli. Untuk sepak bola, tahun ini  diikuti 36 tim dan voli 39 tim putra dan puteri, perwakilan  dari 31  kecamatan  untuk tiga kabupaten Manggarai, yakni  Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Manggarai Timur. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Armet Bongaya mulai  3 Mei 2015 hingga 17 Januari 2016. 

          Ketua Komisi Pertandingan, Drs Arda Senaman, M.Si, kepada pers di Makassar,  Rabu 5 Nopember 2015, mengatakan  Komodo Cup sudah yang ke 12 dilaksanakan. Dikatakan, sejak awal dimulai turnamen ini pada 2000 tim yang ikut baru sekitar 12 tim, namun sekarang turnamen ini semakin ramai karena sudah diikuti 36 tim.  Dan dalam kuru waktu tiga tahun turnamen ini lebih ramai lagi karena sebelumnya hanya pertandingan sepak bola saja, tetapi sekarang ini ssudah ada bola voli.

          Ada hal yang patut disyukuri  warga Manggarai, karena sejak awal digelar turnamen ini, respon pemerintah daerah maupun provinsi sangat besar. Terlihat saat pembukaan selalu dihadiri oleh walikota, mulai dari Walikota Amiruddin Maula (alm), Ilham Arief Sirajuddin dan terakhir  Walikota Moh. Dany  R. Pomanto.

        Bahkan saat Amin Syam menjabat Gubwrnur Sulsel juga ikut membantu. Tidak hanya dukungan pemerintah, tetapi juga membantu sejumlah politisi mulai dari Yusuf Gunco, TamzilLinrung , Azhabul Khahfi dan lainnya.

         Kandidat doktor sosiologi  ini mengatakan, turnamen  dilaksanakan setiap tahunnya ini, selain  lebih memperkuat ajang silaturahim warga perantau Manggarai yang ada di Makassar, dan juga untuk merebut  piala bergilir dan piala tetap di turnamen ini, juga yang tidak kalah pentingnya adalah  untuk membangun dinamika sosial orang  Manggarai  di Makassar.

        Bagi juara dalam turnamen ini, akan mendapatkan piala bergilir maupun tetap serta uang pembinaan. Seperti juara pertama  akan mendapatkan piala bergilir, dan juara kedua,tigadan empat mendapatkan piala tetap serta uang pembinaan. Dan bagi juara tahun ini, otomatis menjadi ketua panitia turnamen tahun depan, tandas mantan Wakil Rektor I dan III Universitas Satria Makassar ini. (aya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *