Kopertis IX Respon STIP WUNA Jadi Universitas

Para pegawai dan staf civitas kampus STIP WUNA Raha usai pelantikan di kampusnya beberapa waktu lalu. (foto:fendi)
Para pegawai dan staf civitas kampus STIP WUNA Raha usai pelantikan di kampusnya beberapa waktu lalu. (foto:fendi)

Raha (rakyatbersatu.com) – Rencana perubahan status STIP WUNA menjadi Universitas mendapat respon positif  dari Kopertis Wilayah IX Sulawesi. Hal ini disampaikan Ketua STIP Wuna saat melantik sejumlah pejabat struktural STIP Wuna, Senin,  18 Januari 2016 di Ruang Aula kampus STIP Wuna.

        Ketua STIP Wuna, Ir. Alimin, M.Si, mengatakan, perubahan status sebuah sekolah tinggi menjadi universitas, adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan mutu dari sebuah perguruan tinggi. Karena itu Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi sangat mendukung keinginan pihak pengelola STIP Wuna untuk melakukan perubahan status  menjadi Universitas.  

         Alimin juga mengatakan, dalam rangka menjaga kualitas perguruan tinggi , diperlukan adanya penjaminan mutu internal, melakukan evaluasi secara terencana, obyektif, dan valid. Jika dalam melakuak evaluasi terdapat persoalan internal secepatnya dicarikan solusi agar tidak mengarah pada kondisi yang lebih parah.

         “Kita bangun persatuan, kekeluargaan, saling menghormati, saling terbuka, serta tidak terikat dengan sekat-sekat struktural,” harap dosen DPK yang berpangkat Lektor Kepala tersebut. Sementara itu, Ketua Pengawas Yayasan Perguruan Tinggi Wuna, dalam sambutannya memaparkan hal yang terkait struktur Yayasan Perguruan Tinggi Wuna. Dimulai dari Pembina, Pengurus, dan Pengawas. Dikatakan, didalam struktur pengawas, tidak ada badan karena badan itu ada pada yayasan.

Lebih lanjut, P. Haridin mengatakan, tugas pembina yayasan diantaranya merubah Anggaran Dasar, mengangkat dan memberhentikan pengurus dan pengawas, membuat kebijakan yayasan, mengesahkan program tahunan dan anggaran yayasan, mengesahkan laporan tahunan, bahkan bisa menyetujui pencabutan atau pembubaran yayasan.

       “Semua organ atau komponen dalam Yayasan mudah-mudahan bisa dapat berjalan secara baik,” harap. Haridin seraya melanjutkan, kepada pengurus yayasan supaya berhati-hati pada pengelolaan keuangan, karena kendatipun status Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bukan berarti terhindar dalam pengawasan, tegasnya.

          Acara pelantikan yang berlangsung di kampus biru STIP Wuna tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat struktural STIP Wuna yang dilantik, Ketua dan Anggota Pengawas Yayasan Perguruan Tinggi Wuna, Dosen, dan pengurus lembaga kemahasiswaan STIP Wuna. Nampak Ketua Yayasan tidak hadir karena tengah mengikuti kegiatan di luar kota. (fendi-yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *