Kopertis IX Segera Tutup 70 Prodi Bermasalah di PTS

pameran_pendidikanKopertis IX Sulawesi,  segera  menutup 70 program studi yang menyebar pada sejumlah kampus PTS di Sulawesi. Penutupan prodi itu akan dipublikasikan pada media massa di Sulawesi dalam waktu dekat ini.

“Langkah tersebut kami  ditempuh guna memberi informasi  yang jelas dan transparan kepada masyarakat bahwa prodi tersebut yang sudah tidak beroperasi lagi,” demikian terungkap dalam  pertemuan,  Verifikasi Prodi PTS dan Singkronisasi Data PTS/Prodi  di Aula Kopertis IX Sulawesi, Kamis, 23 Januari 2014.

Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr Ir Hj Andi Niartiningsih, MP, didampingi  Sekretaris Pelaksana Kopertis IX Sulawesi, Dr Ibrahim Saman,  MM  serta   Kepala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan Kopertis IX Sulawesi,  Pattola Muhajir, SE, MM mengungkapkan bahwa  prodi  yang diverifikasi adalah PTS yang telah mengajukan borang akreditasi  (BAN-PT) per 31 Desember 2012 dan singkronisasi data PTS/Prodi legal yang rencananya akan diumumkan di media massa secara nasional pada Januari 2014.

Berdasarkan data  Kopertis IX,  prodi terancam ditutup adalah 54 prodi di Sulsel, 10 prodi di Sulawesi Utara, Sulteng 1 prodi; Sultra 3 prodi, Gorontalo 2 prodi dan Sulbar nihil.

Andi Niartiningsih mengatakan, penutupan prodi itu dilakukan secara terbuka dan disebarkan meluas  agar masyarakat tidak tertipu dengan prodi yang sudah kadaluarsa izinnya,  tetapi tetap melakukan proses pembelajaran.

“Masyarakat kita banyak yang menjual sapi, sawah dan tanah agar anak-anak mereka kuliah dan meraih gelar akademik. Tetapi alangkah kecewanya ketika ijazah yang diperoleh itu ketika akan dipergunakan mencari kerja ternyata tidak berlaku. Ini sangat menyedihkan, ” tandas Guru Besar Ilmu Kelautan Unhas ini.

Ditegaskan Niartiningsih, publikasi prodi bermasalah itu merupakan pintu masuk untuk mengetahui status akreditasi dan izin operasional prodi di setiap PTS.

Kebijakan ini adalah langkah maju pemerintah  mencermati  praktik pendidikan yang selama ini banyak melanggar norma pendidikan. Saat ini  memasuki era tahun mutu.  Lewat mutu pendidikan  mampu mensejajarkan  kita dengan negara  maju.

“Verifikasi prodi yang dilaksanakan Kopertis ini betul-betul menyampaikan data  sesuai dengan fakta,”pungkasnya. (ym/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *