Kopertis IX Sulawesi Rintis Kerjasama Rusia dan Belarus

Prof.Dr.Andi Niartiningsih, MP
Prof.Dr.Andi Niartiningsih, MP

Makassar.- Kopertis Wilayah IX Sulawesi merintis kerjasama dengan negara Federasi Rusia dan Republik Belarus. Rencana kerjasama itu dimulai dengan ditandatanganinya pernyataan kehendak (letter of intent) dengan Kedubes RI di Moskow 19 Oktober 2014 di Jakarta. Demikian ditegaskan Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof.Dr.Andi Niartiningsih, MP, Senin 8 Desember di ruang kerjanya.

         Dijelaskan, naskah kerjasama itu ditandatangi Dubes RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Djauhari Oratmangun. Pada poin inti kerjasama itu, kedua belah pihak bersepakat mengadakan kerjasama saling menguntungkan dalam promosi dan peningkatan intensitas hubungan pendidikan di kedua negara tersebut, tandas Guru Besar Perikanan UNHAS ini.

        Pihak kedubes akan membantu Kopertis IX menjajaki kerjasama dengan lembaga pendidikan dan penelitian pada bidan teknologi dan bidang lainnya yang disepakati bersama Rusia dan Belarus, tegas salah seorang asesor BAN-PT ini.

       Kerjasama dengan pihak kedubes ini membuka jalan dan peluang bagi kampus-kampus PTS di wilayah Sulawesi membuka kerjasama dengan perguruan tinggi di kelola negara dan swasta di kedua negara tersebut. Selain itu, kampus PTS juga bisa melakukan kerjasamaberupa  pertukaran mahasiswa dan dosen termasuk melaksanakan KKN atau KKLP dan pengabdian pada masyarakat di kedua negara tersebut, tandas wanita kelahiran Sinjai ini. (ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *