Kopertis IX-UNIMA Jalin Kerjasama Tingkatkan SDM

Prof.Dr.Ir.H.Andi Niartiningsih, MP
Prof.Dr.Ir.H.Andi Niartiningsih, MP

Kopertis IX Sulawesi mengembangkan kerjasama dengan berbagai institusi terkait dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Naskah kerjasama pada Sabtu, 15 Maret 2014 ditandatangani bersama dengan Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, untuk mendorong percepatan peningkatan kualitas sumber daya dosen pada jenjang magister.

Naskah kerjasama Kopertis Wilayah IX, Kamis 20 Maret 2014 kembali ditandatangani dengan Universitas Negeri Manado (UNIMA), di Hotel Grand Kawanua Kota Manado. Dirangkaikan acara wisuda S1 dan S2 serta penerimaan dosen yang usai merampungkan S3.

Penandatanganan kerjasama itu, dilakukan oleh Kordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof.Dr.Ir.H.Andi Niartiningsih, MP dengan Rektor UNIMA, Prof.Dr.Ph.E.A.Tuerah, M.Si, DEA, disaksikan seluruh civitas akademik kampus.

Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof.Dr.Ir.H.Andi Niartiningsih, MP mengatakan, kerjasama itu dimaksudkan, untuk melakukan  pengembangan bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat. Tujuan ingin dicapai yakni meningkatkan kemampuan sumber daya masing-masing,  secara berkesinambungan guna menunjang proses pembangunan berkelanjutan  berwawasan kebangsaan, serta bermanfaat bagi civitas akademika.

Ruang lingkup nota kesepahaman bersama itu tandas Guru Besar Ilmu Perikanan  UNHAS ini, mencakup  program pertukaran (exchange program); program sisipan (sandwich program); bantuan tenaga pengajar; pelatihan di berbagai keahlian; lokakarya, seminar dan kegiatan akademik lainnya; penelitian dan pengembangan sumber daya; bidang  lain yang disepakati.

Kondisi riel saat ini, masih ada dosen kampus PTS wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo dengan jenjang pendidikan S1, terutama pada kampus ilmu kependidikan. Mendorong percepatan kualitas dosen pada  jenjang pendidian S2 dengan ikut kuliah di UNIMA menjadi perhatian utama.

Membuka kerjasama dengan kampus negeri di wilayah kerja Kopertis IX pada 6 provinsi di Pulau Sulawesi, ke depan akan menjadi skala prioritas dengan harapan kualitas dalam proses pembelajaran, terutama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada kampus PTS, akan semakin lebih berkualitas, ungkap Andi Niar.   (ym/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *