KPI UIN Alauddin Kuliah Lapangan di Harian Fajar

Mahasiswa KPI UIN Alauddin Makassar saat bertandang ke Redaksi Fajar (ist)
Mahasiswa KPI UIN Alauddin Makassar saat bertandang ke Redaksi Fajar (ist)

Makassar.RBC. Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Senin sore 18 Mei 2015 melakukan kuliah lapangan di redaksi Harian Fajar Makassar.  Mahasiswa semester VI ini adalah peserta mata kuliah penulisan kreatif. Demikian ditegaskan dosen penanggungjawab, Drs.Moh Yahya Mustafa, M.Si, di Makassar, 18 Mei .

Dijelaskan, selama berada di koran terbesar di KTI itu,  para  mahasiswa  diterima kru redaksi dan menyaksikan langsung proses kerja redaksi surat kabar. “Sebelum melakukan kuliah lapangan, mahasiswa dibekali dengan materi terkait karya-karya jurnalistik mulai dari menulis berita, artikel popular, sosok, resensi buku serta investigasi reporting,” tegas Yahya yang juga Redaktur Pelaksana Majalah CERDAS terbitan Kopertis Wilayah IX Sulawesi ini.

 Kuliah lapangan itu  bertujuan mendekatkan mahasiswa dengan media cetak yang setiap saat meproduk jasa dalam bentuk berita dan opini. “Kedekatan mahasiswa  dengan praktisi media, tidak menutup kemungkinan di atara mereka ada yang tertarik dan menjadikan paktisi media selaku pilihan profesi kelak di kemudian hari,” ungkap Wakil Dekan FISIP Universitas Sawerigading ini.

 Teknis perkuliahan peserta mata kuliah ini, teori dan praktek seimbang, usai ujian tengah semester kuliah selanjutnya di lapangan dengan megunjungi kantor redaksi media massa di Makassar. “Setelah dari Fajar rencana ke Harian Tribun Timur, Rakyat Sulsel dan media massa lainnya,” tandas mahasiswa S3 Sosiologi Politik PPs-UNM ini. (yudi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *