KPK Masih Periksa Dewie Yasin Limpo

Dewie Yasin Limpo, Politisi Partai Hanura (Ist)
Dewie Yasin Limpo, Politisi Partai Hanura (Ist)

Jakarta (rakyatbersatu.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Dewie Yasin Limpodi Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/10/2015). Dari tangan Dewie, KPK berhasil mengamankan barang bukti berupa uang pecahan dolar senilai Rp 1,5 miliar. Hingga, Rabu (21/10/2015) siang KPK masih memeriksa Dewie.

Tak hanya Dewie YL yang ditangkap dalam operasi ini. Ada enam orang yang diduga terkait kasus ini ikut diamankan. Mereka ditangkap di dua lokasi yang berbeda. Mereka adalah Bambang Wahyu Adi, Irenius, Yusdiono, Devianto, Ira dan Setiadi.

Operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK tersebut karena Dewie YL diduga terlibat kasus suap untuk memuluskan sebuah proyek pembangkit listrik di Sulsel. Uang tersebut diberikan seseorang di salah satu tempat di Kelapa Gading Jakarta.

Penyelidik KPK saat ini masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap Dewie dan 6 orang lain yang ikut ditangkap.Sementara pihak Hanura sendiri sudah membenarkan yang ditangkap KPK adalah Dewie Yasin Limpo. Hanura akan memecat Dewie jika ditetapkan sebagai tersangka.

“Benar yang bersangkutan ditangkap. Fraksi sedang melakukan investigasi,” ujar Sekjen Hanura, Berliana Kartakusuma saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (21/10/2015)

Dalam setahun ini Anggota DPR periode 2014-2019 pertama yang berurusan dengan KPK adalah Adriansyah yang berasal dari Fraksi PDIP. Adriansyah ditangkap KPK pada 9 April 2015 di Bali, tepatnya di sela-sela Kongres PDIP. Dia kemudian diberhentikan dari partai
.
Yang kedua anggota DPR dari Fraksi NasDem, Patrice Rio Capella. Rio ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada Kamis (15/10/2015) karena diduga menerima uang Rp 200 juta dari Gatot Pujo Nugroho dan istri Gatot, Evy Susanti. Uang tersebut diduga untuk pengamanan kasus Bansos di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan atau Kejaksaan Agung.

Dan terakhir anggota DPR dari Fraksi Hanura Dewie YL. Dia tangka KPK karena diduga terima suap terkait proyek listrik di Sulsel. Dewie saat ini masih diperiksa penyidik KPK. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *