KPK Tetapkan Sekjen Partai Nasdem Jadi Tersangka

Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella (ist)
Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella (ist)

Jakarta (rakyatbersatu.com) – Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus penanganan perkara bantuan sosial dan bagi hasil di Kejati Sumut dan Kejagung dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar

“Dugaan pasal yang diduga dilanggar adalah pasal 12 huruf a, huruf b, atau pasal 11 UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan korupsi,” kata Plt Pimpinan KPK Johan Budi di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (15/10/2015).

Menurut KPK, Patrice diduga menerima hadiah atau janji terkait penanganan perkara bansos. Selain Patrice, KPK juga menetapkan Gubernur Sumut non aktif Gatot Pudjo Nugroho dan Evy Susanti sebagai tersangka. Gatot dan Evy diduga sebagai pihak pemberi suap. ” Ini semua terkait dalam penanganan kasus di Kajati Sumut dan Kejaksaan Agung, “sebut Johan Budi.

Sementara itu Wakil Ketua Fraksi NasDem di DPR RI, Johny G Plate menyatakan keprihatinan atas status tersangka Patrice Rio Capelle.

“Kami tentu prihatin atas status tersebut dan berharap agar proses hukum berjalan secara adil dan dijauhkan dari intervensi dan politisasi terhadap kasus ini. Kami menghormati keputusan hukum yang diambil oleh KPK dengan tetap berpegang pada prinsip presumption of innocence sebelum keputusannya menjadi inchrat,” katanya

Jhonny mengatakan, Patrice sudah mengetahui aturan partai bila dirinya menjadi tersangka oleh KPK.”Pak Rio tahu aturan AD ART Partai NasDem,” katanya.

Anggota Komisi XI ini memastikan, Patrice akan segera mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekjen NasDem dan anggota DPR RI. Karena, itu menjadi komitmen semua kader NasDem. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *