L2DIKTI Bakal Restrukturisasi Pegawai Pusat

Kordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof.Dr.Ir.Andi Niartiningsih, MP (ketiga dari kanan) foto bersama dengan  peserta rakerwil Kopertis IX, 20-21 Maret 2015
Kordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof.Dr.Ir.Andi Niartiningsih, MP (ketiga dari kanan) foto bersama dengan peserta rakerwil Kopertis IX, 20-21 Maret 2015

Makassar RBC. Transformasi Kopertis ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti), tahun 2015 akan segera terealisasi. Perubahan nama kelembagaan itu merupakan amanah dari UU No.12 Tahun 2012. Sedangkan sumber daya manusia yang digunakan kemungkinan reskrukturisasi pegawai pusat ke daerah.

Demikian ditegaskan Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof.Dr.Ir.Andi Niartiningsih, MP, pada  Rakerda Kopertis IX 2015, pada 20-21 Maret di aula kantor Kopertis I  Jl. Bung Makassar.

Kelembagaan baru L2Dikti akan memberi layanan kepada kampus negeri dan swasta. Lewat L2Dikti rektor kampus negeri sudah tidak perlu lagi ke Jakarta dan kementerian untuk melakukan komunikasi dan kordinasi, tegas Guru Besar Ilmu Perikanan UNHAS ini.

Kehadiran lembaga dengan bidang tugas semakin meluas, menuntut kualitas layanan harus senantiasa di tingkatkan. Pelayanan cepat dan tepat akan mampu terwujud,  jika dibarengi penggunan teknologi informasi secara lebih maksimal, tegas salah seorang asesor BAN-PT ini.

Andi Niar kesempatan itu juga menjelaskan fotret kampus PTS di wilayah Sulsel. Per Maret 2015, jumlahnya mencapau 363 PTS. Kampus itu dominan berada di Sulsel sebanyak 214. Sulut (50),Sultra (38), Sulteng (32), Sulbar (17) serta Gorontalo(13).

Jumlah kampus akan terus bertambah, tiga kali pemaparan dari yayasan pengelola kampus sekitar 30 yayasan segera membuka kampus dan prodi baru. Direncakan akhir Maret 2015, masih ada 20 yayasan dan pengelola prodi.

“Yayasan akan diberi izin operasional jika siap secara administrasi dan sararan serta prasarana pembelajaran, disamping tentunya prodi dan kampus itu merupakan kebutuhan dari masyarakat,” tandas doktor ilmu perikanan PPs-UNHAS ini.  Program studi yang dikelola mencapai 1.166 menyebar di Sulsel sebanyak 667, Sulut (154), Sulteng (117), Sultra (114), Gorontalo (62) serta Sulbar (52).

Ketua Panitia Rakerda Kopertis IX 2015, Drs. Andi Lukman, M.Si dalam laporanya mengatakan, topic bahasan kali ini adalah, evaluasi kegiatan 2014, pemantapan kegiatan 2015 serta rencana kegiatan 2016.

Tujuan rakerda adalah mengetahui gambaran pelaksanaan program kegiatan 2014, menetapkan pedoman acuan serta prosedur dan mekanisme pelaksaaan program kegiatan 2015. Penetapan tugas pokok dab fungsi masing-masing bidang, sub bagian seksi berdasar organisasi dan tata kerja yang baru, tandas magister administrasi pembangunan PPs Universitas Indonesia Timur ini.

Nara sumber selama rakerda, Sekretaris Pelaksanan Kopertis IX Sulawesi, Dr.H.Suwignyo,MM; seluruh kepala bagian serta unit pengembangan Kopertis IX Sulawesi. (ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *