Lagu Tanah Airku Rasa Hip Hip ala Crystal Opera

Crystal Opera
Crystal Opera

APA jadinya bila lagu  wajib nasional “Tahan Airku” diaransmen ulang dan disuguhkan Rapper Muhammad Emil yang sohor dengan nama panggung Crystal Opera ? Hasilnya sudah dapat ditebak, lagu ciptaan almarhummah Ibu Soed yang berkisah tentang keindahan alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke itu, mencuatkan cita rasa baru bernuansa Hip Hop dan berpotensi digemari kaula muda masa kini.

“Saya sengaja  menyuguh lagu nasional  dengan rasa baru Hip Hop, agar Remix  lagu Tanah Airku menjadi lebih menarik dan kembali digemari para kaula muda. Maklum, berdasarkan kenyataan– generasi muda saat ini cukup banyak yang tak lagi hafal lirik lagu  kategori wajib nasional,” papar Crystal Opera kepada RB.Com di Jakarta, baru-baru ini.

Menurur bujang berdarah Arab dan Batak kelahiran Medan,  31 Oktober dengan tahun dirahasiakan ini, ia  sengaja mengandalkan lagu daur ulang komposer wanita  asal Sukabumi bernama asli Saridjah Niung  guna menandai geliat seriusnya  di industi musik nasional. “Sepuluh tahun, saya malang melintang di jalur indie. Kini saatnya lebih serius berkiprah di industri musik nasional lewat label Microphone Record yang mengedarkan album kedua saya bertajuk 175 KM. Semoga kiprah saya sebagai Rapper tambah eksis serta berkibar dan album rekaman saya lebih laku di pasaran,” harap putra kedua dari tiga bersaudara pasangan Salim Zubaidi dan Ramlah Nasution ini.

Menyinggung langkahnya yang tak lazim me-remix lagu wajib nasional memicu kontroversi, rapper lebih kondang di Malaysia dan Singapura yang sehari-hari pengusaha tambang Batu Bara ini menyatakan, dirinya sudah melakukan langkah antisipasi. “Sebelum mer-remix Tanah Airku, saya sangat berhati-hati agar tambahan lirik rap menambah bagus lagu  aslinya. Dan mengantisipasi hal-hal tak diinginkan, saya pun telah meminta ijin resmi kepada pihak KCI untuk menggunakan lagu karya almarhummah Ibu Soed. Kalau pun tetap menimbulkan kontroversi di kalangan insan musik, saya siap menghadapinya. Toh, di jalur musik Hip Hop, hal-hal yang berbau kontroversi sudah biasa,” tandas Crystal yang dalam album “175 KM” juga  mendaur ulang hits “Kopi Dangdut” karya Fahmi Shahab, juga menggelontorkan 17 lagu karyanya sendiri. * (naskah dan foto – ata)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *