Langgar Kode Etik, Wakajati dan Aspidum Kejati Sulsel Dicopot

Gedung-Kejati-Sul-sel-krbpJakarta – Jaksa Agung Basrief Arief akhirnya mencopot Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulsel Kadarsyah dan Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sulsel Feri Hartono dari jabatannya. Keduanya dianggap melanggar kode etik dalam perkara pidana kasus reklamasi pantai Fort Rotterdam yang melibatkan seorang pengusaha ternama Soedirjo Aliman alias Jen Tang.

“Kedua pejabat itu terbukti melanggar kode etik dan dimutasi masing-masing dari jabatannya,” kata Kapuspenkum Tony T Spontana dalam pesan singkatnya, Selasa, 21 Oktober 2014 seperti dilansir detiknews.com

Kedua pejabat tinggi di Kejati Sulsel itu melanggar kode etik berdasarkan inspeksi kasus yang dilakukan oleh Jamwas Mahfud Manan.Keduanya kemudian dimutasi berdasarkan SK Jaksa Agung no: Kep-175/A?/JA/10/2014 tertanggal 16 Oktober 2014.

Kadarsyah dimutasi ke Kejagung sebagai koordinator pada Jampidum. Posisinya digantikan oleh Heru Sriyanto yang sebelumnya menduduki posisi koordinator pada Jamintel. Sedangkan Feri Hartono dimutasi sebagai Kabid Program pada Kabadiklat Kejagung. Posisinya digantikan oleh M Yusuf yang sebelumnya berada di Kajari Medan.

Mereka berdua semula diduga menerima gratifikasi berupa mobil Toyota Alphard dan Honda Freed terkait penanganan kasus reklamasi pantai ilegal dan pemalsuan kuitansi ganti rugi lahan. Namun setelah dilakukan penyelidikan, dugaan adanya gratifikasi tidak terbukti. “Dugaan gratifikasi tidak terbukti,” ucap Tony.

Sebelumnya Wakajati Sulsel, Kadarsyah membantah dengan tegas jika dirinya menerima mobil mewah dari Jen Tang. “Saya sudah memberikan klarfikasi terhadap Jamwas Mahfud Manan, bukan diperiksa. Saya ditanya, apakah mengenal tersangka Jen Tang, saya jawab tidak mengenalnya dan tidak pernah menerima sesuatu darinya, ” ujar Kadarsyah mengklarifikasi pemberiitaan di media.

Hal sama dilakukan Aspidum Feri Handoko. ” Saya orang baru di Kejati, dan saya belum lama menjabat, tetapi kenapa saya dituduh menerima mobil, Honda Freed lagi. Dibanding karier saya, itu tidak seberapa nilainya. (yd/dtc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *