Lionel Messi Pemain Terbaik Piala Dunia 2014

Lionel_MessiRio de Janeiro – Lionel Messi gagal mengantar Argentina menjuarai Piala Dunia 2014. Secara pribadi dia dapat gelar hiburan setelah terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Messi mengalahkan beberapa rekannya di timnas Argentina dan juga rivalnya di skuat Jerman yang masih dalam daftar kandidat peraih penghargaan Pemain Terbaik (Golden Ball). Di Jerman mereka yang sebelumnya jadi pesaing Messi adalah Thomas Mueller, Toni Kroos, Mats Hummels, dan Philipp Lahm, sementara di Argentina ada Angel Di Maria dan Javier Mascherano.

Messi dianggap menjadi sosok yang punya peran besar mengantar Argentina lolos dari fase grup dan kemudian melangkah ke final. Selain empat gol dan satu assist, raihan besarnya di turnamen ini adalah status man of the match yang dia dapat empat kali.

Malang buat Messi, status pemain terbaik turnamen gagal dia sempurnakan dengan menjadi juara dunia. Argentina kalah 0-1 atas Jerman dalam laga final di Maracana. Gol tungan De Mannschaft dilesakkan Mario Goetze di babak kedua perpanjangan waktu.

Ini adalah kali kelima secara beruntun peraih status pemain terbaik jatuh ke tim runner up. Pemain yang sebelumnya dapat Golden Ball adalah Ronaldo, Oliver Kahn, Zinedine Zidane dan Diego Forland.

Penjaga Gawang Terbaik
Manuel Neuer melengkapi titel juara dunia dengan gelar penjaga gawang terbaik. Penampilan impresifnya sepanjang turnamen membuatnya diganjar penghargaan Golden Glove (Sarung Tangan Emas).

Neuer menyabet penghargaan Golden Glove mengungguli dua kandidat lainnya, Keylor Navas (Kosta Rika) dan Sergio Romero (Argentina).

Neuer selalu tampil di tujuh pertandingan Jerman di Piala Dunia kali ini. Selama 600 menit tampil untuk Die Mannschaft di Brasil, kiper Bayern Munich itu kerap melakukan penyelamatan-penyelamatan penting. Dia juga tak ragu untuk keluar dari sarangnya untuk menghalau serangan lawan.

Sejak fase grup hingga laga final melawan Argentina di Estadio do Maracana, Senin (14/7/2014) dinihari WIB, Neuer tercatat melakukan 25 kali penyelamatan. Namun di laga final, penjaga gawang berusia 27 tahun itu sama sekali tak melakukan save.

Secara keseluruhan, Neuer mencatat empat clean sheet sejak fase grup. Dia tak kebobolan di laga melawan Portugal, Amerika Serikat, Prancis, dan Argentina di laga final. (dtc)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *