Lomba Dragon Boat, Geliat Arwan Tjahjadi Demi Pariwisata Sulsel

Arwan Tjahjadi (kanan) menjelaskan Lomba Dragon Boat kepada  seorang wisatawan.yang tertarik melihat lomba perahu ini.
Arwan Tjahjadi (kanan) menjelaskan Lomba Dragon Boat kepada seorang wisatawan.yang tertarik melihat lomba perahu ini.

Makassar, RB – Masih dalam rangkaian HUT Kota Makassar ke- 407, dilaksanakan Lomba Perahu Naga (Dragon Boat) dua hari, 22 dan 23 November 2014 di Pantai Losari. Lomba ini cukup meriah karena diikuti tidak kurang dari 300 peserta yang terbagi atas 26 tim dari dalam dan luar negeri.

Bagi Arwan, pengusaha hotel berjaring nasional ini, HUT Kota Makassar, hanya sekadar momentum. Sesungguhnya mantan anggota DPRD Makassar, tujuan Lomba Dragon Boat yang digagasnya ini, bervisi pada bagaimana agar jumlah kunjungan wisatawan ke daerah Sulsel dan khususnya ke Kota Makassar dari tahun ke tahun terus bertambah. “Sedangkan tujuan skundernya untuk mencari bibit-bibit muda khususnya dalam cabang olahraga perahu,” katanya, Sabtu, 22/11.

Lomba Dragon Boat ini, kata Arwan, telah berlangsung tiga tahun dan selamanya dilaksanakan di Kota Makassar. Lomba tahun ini memperebutkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp300 juta. Hadiah dan pembiayaan penyelenggaraan lomba, menurut pemilik Losari Hotel Group ini, diperoleh dari Pemkot Makassar dan dari berbagai sponsor.

Lomba ini menjadi tontonan menarik bagi warga masyarakat. Mereka memadati pinggir pantai dari pagi hingga sore selama berlangsungnya perlombaan. Sesi lomba yang dilaksanakan Sabtu sore misalnya, berlangsung seru dan ketat. Tim yang berlomba adalah tim dari Lantamal VI, Armed, Malaysia, dan Kalimantan Timur.

Sesi ini dimenangkan Tim Lantamal VI, disusul Kaltim dan Malaysia. Sedangkan Tim Armed, gugur di tengah laut disebabkan perahu mereka tenggelam. Akibatnya, Tim SAR Panitia sibuk memberikan bantuan kepada awak perahu Tim Armed yang kelihatan kewalahan melawan derasnya ombak, padahal mereka tidak dibekali pelampung.  Untung, semua awak perahu dapat diselamatkan.

“Kita mengharapkan, agar lomba perahu naga tahun depan, diikuti lebih banyak peserta dari luar negeri,” kata Arwan yang tidak henti-hentinya berkreasi di bidang pariwisata Sulsel sejak dahulu hingga kini. Maka tak heran jika Arwan pernah dinobatkan sebagai Tokoh Penggerak Pariwisata Sulsel versi harian BKM. (uka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *