LSI: Elektabilitas Partai Demokrat Semakin Merosot

partai_demokrat-benderaLingkaran Survei Indonesia (LSI) kembali merilis elektabilitas Partai Demokrat yang menunjukkan penurunan yang cukup tajam. Survei LSI terbaru yang dilakukan 12 september-5 oktober 2013, menunjukkan elektabilitas Demokrat kembali turun ke angka 9,8 persen.
“Sejak tahun 2011, LSI telah merekam turunnya elektabilitas Partai Demokrat.Jika Demokrat tidak segera berhasil mengembalikan citranya,tingkat dukungan publik akan terus merosot hingga digelarnya pemilu pada April 2014,” kata Peneliti LSI Rully Akbat saat merilis hasil surveinya di Jakarta, Minggu (24/11/2013).

Hasil survei LSI yang dilakukan bulan Juni 2011, elektabilitas Demokrat merosot ke angka 15,7 persen (hasil Pileg 2009 sekitar 20 persen). Angka tersebut merosot dari survei di bulan Januari 2011, yakni sebesar 20,5 persen.

Pada Januari 2012, LSI kembali melakukan survei dan hasilnya elektabilitas parpol pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu kembali merosot ke angka 13,7 persen.
Survei LSI terbaru yang dilakukan 12 september-5 oktober 2013, elektabilitas Demokrat kembali turun ke angka 9,8 persen.
Survei LSI yang dilakukan terhadap 1200 responden di 33 provinsi dengan wawancara tatap muka. Sampel diambil dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei ini sebesar 2,9 persen.

Menurut Rully, kasus korupsi yang melanda sejumlah petinggi Demokrat menjadi faktor utama merosotnya elektabilitas partai ini . Kampanye Demokrat pada 2009 yang menyuarakan anti korupsi nyatanya menjadi kontradiksi dengan terlibatnya
petinggi Demokrat dalam kasus korupsi.

Seperti diberitakan, SBY selaku Ketua Umum DPP Demokrat mengaku optimistis bisa kembali memenangkan Pileg 2014. Begitu pula dengan Pilpres. Menurut SBY, Demokrat tetap ingin bebas korupsi. Karena itu, lanjutnya, Demokrat menindak
dan membersihkan semua kadernya yang terlibat korupsi. Jadi, ia tidak terima jika Demokrat disebut parpol korup. (sumber kompas/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *