Mahasiswa STKIP PI Dominan Asal NTT

Dr.Muh Yunus, M.Pd
Dr.Muh Yunus, M.Pd

Beberapa tahun terakhir ini mahasiswa dominas berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sekitarnya. Di antara 2700 mahasiswa yang terdaftar sekitar 85 persen berasal dari NTT. Demikian ditegaskan Wakil Ketua I STKIP Pembangunan Indonesia Makassar, Dr.Muh Yunus, M.Pd di kampusnya, Senin sore, 20 Januari 2014, di tengah pelaksanaan ujian semester di kampusnya, Jl. AP.Pettarani Makassar.

Dominanya mahasiswa asal NTT itu, tidak terlepas dari promosi dilakukan para alumni yang sudah mengabdi  pada sejumlah profesi dan cukup sukses. Para alumni itu ada sudah jadi kepala sekolah kepala dinas malah ada juga sukses jadi politisi. Alumni yang peduli dengan almamaternya kemudian memberi info kepada calon mahasiswa untuk lanjut studi di kampus STKIP PI, tandas doktor sosiologi PPs-UNM ini.

Tingginya animo maba dari NTT dibarengi dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Sumber daya dosen menjadi skala prioritas, sedikitnya 11 dosen kini sedang merampungkan studi doktor di PPs UNM, UNHAS, UGM, Brawijaya, Universitas Negeri Malang. Jika para dosen itu rampung studinya akan memperkuat jajaran para dosen.

Prodi yang dibina kampus, S1 Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Biologi. Kedua prodi itu telah mendapat pengakuan akreditasi dari BAN-PT. Prodi S1 Pendidikan Ekonomi malah sudah dua kali meraih nilai B. Perolehan nilai tersebut menjadikan civitas akademika kampus merintis prodi S2, tandas magister pendidikan PPs-UNM ini.

Saat ini jajaran civitas akademik sedang menunggu turunnya izin pembukaan S2 Pendidikan Ekonomi. Tahun ajaran 2014, kemungkinan besar izin sudah turun dan akan segera menerima mahasiswa.

Beberapa tahun terakhir ini tandas pria kelahiran Pinrang ini, para alumni mendesak kampus untuk segera membuka S2.Para alumni menyebar menjadi guru pada sekolah negeri dan swasta di NTT serta Kawasan Timur Indonesia lainnya, kata Dosen Dipekerjakan Kopertis IX di STKIP PI Makassar ini. (ym/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *