Mahasiswa UIN Alauddin Praktek Kewirausahaan

Hamsy1271Mahasiswa penerima Bidikmis kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar , 25-27 Desember 2017, melakukan praktek kewiraausahaan grafika  di kampus Politeknik Media Ujungpandang,  Jl. Perintis Kemerdekaan Makassar. Kegiatan ini merupakan pelatihan keterampilan diberikan pihak rektorat kampus.

Pelaksanaan kegiatan  berlangsung lima hari ini terdiri dari dua gelombang dengan setiap gelombang diikuti oleh 45 mahasiswa penerima Bidikmisi angkatan 2010. Dalam pelatihan ini mahsiswa diajarkan bagaimana membentuk sebuah usaha cetak sablon dan bagaimana cara mencetak stiker. 2 hal tersebut diajarkan dalam kurun waktu tiga hari dengan penerimaan materi sehari dan praktek dua hari.

Rangkaian kegiatan ini pihak rektorat menyediakan bus antar jemput dan konsumsi,  selama 3 hari untuk peserta dan panitia. Senin 23 Desember 2013 penerimaan materi dilaksanakan di Gedung Rektorat lantai 1, diikuti oleh 90 mahasiswa dengan tema “Keterampilan Mahasiswa sebagai  Tonggak Masa Depan Ekonomi Bangsa”.

Kegiatan ini  menghadirkan 3  nara sumber,  Ridwan Jamal  menyajikan materi tentang cetak saring. Dihadirkan pula pemateri dari pimpinan  kampus yaitu Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Administrasi,  Prof. Dr. H. Musafir Pababari M.Si  dengan materi etika bisnis.

Di antara peserta cukup aktif  mengangkat sebuah kasus dalam berbisinis selama penyajian materi, namun peserta cenderung manfsirkan dari sudut pandang berbeda sehingga diakhir materi cukup terjadi ketegangan di antara peserta tentang etika berbisnis.

Pemateri lain, Dr. Usman Jasad,  menyajikan topik  memulai usaha baru. Dia merupakan Wakil Dekan III   Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar,   sekaligus pimpinan  travel Haji dan Umrah; Ujas Tour Travel.  Beliau adalah salah satu contoh sukses bisnis dan PNS,  kehadiran beliau semakin menambah motivasi,  peserta untuk tidak sekedar tahu, tapi mampu mengaplikasikannya. (nurasia-yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *