Makassar Layak Masuk Kategori Kota Kreatif Dunia

masjid apunMakassar.- Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menilai Kota Makassar layak dimasukkan sebagai nominasi Kota Kreatif Dunia Unesco, karena kota yang kini dipimpin oleh Danny Pomanto ini memiliki kriteria pada bidang budaya dan pariwisata.

“Ekonomi kreatif di Makassar sangat berkembang, karena itu perlu diusulkan sebagai salah satu kota kreatif di dunia. Sekarang ini sudah ada 41 kota kreatif, dan Cina paling banyak,” Lokot Ahmad Enda, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, usai bertemua Wali Kota Makassar Danny Pomanto di Balai Kota, Selasa 21 Oktober 2014.

Lokot mengharapkan Walikota Makassar memanfaatkan moment tersebut untuk meningkatkan kinerjanya agar kunjungan wisatawan lebih meningkat ke Makassar. Kota ini tidak hanya menjadi kota kreatif saja, tetapi juga menjadi kota tujuan wisata.

“Proses cukup panjang. Setelah sosialisasi ini akan ada pertemuan-pertemuan berikutnya untuk rekan-rekan dari komunitas seni dan budaya di Kota Makassar agar memberikan aplikasi atau proposal terhadap yang akan diajukan. Dalam aplikasi tersebut dibatasi sebanyak 6.000 kata yang memuat tentang deskripsi potensi yang ada di Kota Makassar. Dengan membaca aplikasi tersebut kita bisa membayangkan kota Makassar seperti apa. Untuk itu deskripsinya harus jelas,” ungkap Lokot Ahmad.

Sementara itu, Danny Pomanto menyatakan siap untuk bergabung dengan jaringan dunia tersebut. Apalagi kota Makassar didukung dengan jumlah kamar hotel yang mampu menampung 30 orang perhari.

“Makassar punya banyak talenta kreatif. Kami juga sudah merancang festival bulanan, misalnya setiap Oktober ada Makassar Marathon Internasional dan lain-lain. Kita juga kuat dalam kuliner, atau kulturnya sombere’. Jadi kita siap dengan tantangan ini,” ujarnya seperti dilansir tribunnews.com (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *