Makassar Tidak Rantassa Butuh Keseriusan Aparat Pemkot

Frency Soumeru, S.Pd, M.Pd.
Frency Soumeru, S.Pd, M.Pd.

Makassar,–  Konsep Makassar Tidak Rantassa (MTR) termasuk salah satu bentuk terobosan program berbeda dari Walikota Makassar Danny Pamanto. Aplikasi lapangan dari konsep itu,  tentu akan menghapus kesan Kota Makassar salah satu kota jorok atau kota ujung sampah.

         “Untuk mewujudkan  MTR diperlukan kerja nyata dilapangan jangan hanya menjadi bagian dari membangun pencitraan di tengah warga kota. Demikian ditegaskan mahasiswa S3 Sosiologi Perkotaan Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Frency Soumeru, S.Pd, M.Pd, Senin 20 September di Makassar.

        Mewujudkan kota bersih terkait budaya hidup bersih dari masyarakat yang senantiasa menjaga lingkungan. Warga kota setiap waktu dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan catatan, aparat pemerintah juga memberi keseriusan dalam menyukseskan konsep MTR, ungkap salah seorang warga tinggal di sekitar Pasar Kerung-Kerung Makassar ini.

       Pengalaman di sekitar tempat tinggal terutama di Jl. Balana dan sepanjang kanal di lokasi tempat tinggalnya, gotong royong kerja bakti setiap hari Minggu, warga dengan penuh kesadaran mengumpulkan sampah dan membersihkan got dan selokan di sekitar termpat tinggal, “tetapi sampah terkumpul itu seringkali cukup lama baru armada sampah datang mengangkutnya, dan beberapa kejadian sampah itu karena kelamaan jatuh kembali ke got,” tegas magister pendidikan sosiologi PPs.UNM ini.

        Program MTR, jika diinginkan lebih berhasil maka keseriusan aparat terutama pengadaan sarana dan prasarana armada angkutan serta tenaga kerja memadai, cepat  dan tepat mengumpulkan sampah dari masyarakat di lingkungan sekitar, terutama warga yang tinggal di lorong dan gang-gang di kota ini, ungkapnya.

       Sarana armada angkutan sampah dengan mobilitas tinggi setiap saat berkeliling pada lingkungan tempat tinggal warga, mengumpulkan sampah yang ada pada titik penampungan, menjadi salah satu syarat skala prioritas pemerintah kota untuk menghadirkan setiap saat, tandas Frency.(ym/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *