Marc Marquez Bersiap Sapuh Bersih Seri MotoGP

Marc Marquez semakin kokoh di puncak MotoGP (
Marc Marquez semakin kokoh di puncak MotoGP (

Indiana.-Keperkasaan rider Repsol Honda, Marc Marquez belum terhenti. Dan itu kembali dibuktikan pada seri MotoGP Indianapolis, Senin (11/8) dini hari tadi. Kemenangan ke 10 ini sekaligus mencatatkan pembalap Spanyol berusia 21 tahun ini berhasil menyamai rekor yang dicapai Mac Doohan dan Giacomo Agostini.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, Marquez menjadi pebalap pertama sejak Doohan di tahun 1997 yang berhasil meraih 10 kemenangan beruntun. Kala itu Doohan sangat dominan dan jadi juara mulai dari seri empat sampai seri ke-12. Dari 15 balapan yang ada di tahun itu, rider asal Australia itu mengumpulkan 12 kemenangan, dua kali jadi runner up dan sekali gagal finis.

Sementara untuk rekor Agostini, Marquez kini telah menyamai rekor legenda Italia itu terkait awal musim terbaik. Agostini sebelumnya menjadi satu-satunya pebalap di kelas rajanya balap motor yang meraih 10 kemenangan di 10 seri perdana. Itu dia torehkan di 1968, 1969 dan 1970.

Rekor lain yang berpeluang disamai atau bahkan dipecahkan adalah jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim. Rekor tersebut adalah milik Doohan dengan 12 kemenangan dalam satu musim di tahun 1997.

Atas semua kemenangan yang direngkuh tersebut, Marquez berpeluang menyapu bersih seluruh 18 balapan yang dijadwalkan musim ini.

“Akan sangat sulit untuk memenangi seluruh balapan. Yamaha semakin dekat dengan kami dan balapan selanjutnya adalah di Brno serta Silverstone. Dua lintasan di mana tahun lalu kami kesulitan sedikit dan Yamaha sangat kuat. Bagaimanapun juga, target pertama tentu saja mencoba memenangi semua balapan,” sahut Marquez usai balapan.

Kokoh di puncak klasemen, Marquez sementara ini unggul 89 poin dari Dani Pedrosa yang jadi pesaing terberatnya. Jika kemenangan demi kemenangan terus didapat, pebalap asal Spanyol itu akan bisa mengunci gelar juara dunianya yang kedua di Aragon.

“Setiap akhir pekan saya berkata pada diri sendiri ‘Oke, mungkin sekarang saatnya finis kedua atau ketiga. Di sinilah saya akan kesulitan’. Tapi setiap balapan saya merasa sangat tangguh. Yang terpentin adalah saya menikmatinya dan seperti yang terlihat dari atas podium, setiap anggota tim menikmati setiap kemenangan seperti itu baru pertama didapat, itu membantu menjaga motivasi dan konsentrasi,” lanjutnya seperti diberitakan Crash.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *