Marc Marquez Ukir Sejarah di MotoGP

 

Marc Marquez (ist)
Marc Marquez (ist)

Pembalap Tim Repsol Honda Marc Marquez ukir sejarah baru di ajang MotoGP. Dia tercatat sebagai  juara dunia termuda di musim balap motoGP 2013 setelah finis ke tiga di seri terakhir MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Valencia, Minggu, 10 November 2013.

Dengan total poin 334 dari 18 seri yang dikumpulkan, Marquez t juga tercatat   menjadi rookie pertama yang sukses menjadi juara di musim pertamanya di kelas primer, setelah Kenny Roberts melakukannya 35 tahun silam.

Marquez tercatat menjadi pebalap keempat yang menjadi juara dunia pada tiga kelas berbeda.Ia memenangi kelas 125cc musim 2010, dan menjuarai Moto2 tahun 2012.  “Ini adalah sebuah impian menjadi nyata. Aku sulit menjelaskan bagaimana
perasaanku,” kata Marquez seperti dikutip BBC.

Sementara Lorenzo, meski menjadi jawara di Valencia harus puas di posisi  runner-up dengan selisih empat angka. Dani Pedrosa mengakhiri musim ini di peringkat ketiga dengan nilai 300. “Marquez merupakan seorang juara dunia yang layak, hari ini adalah harinya,” puji Lorenzo seperti dikutip BBC.

Rider Honda asal Spanyol menjadi juara dunia termuda dalam sejarah MotoGP itu telah memperlihatnya kemampuaannya saat memasuki kelas pararaja. Putra pasangan Roser dan Julia itu tercatat sebagai rider termuda yang mendapatkan pole position saat tampil di seri kedua di Austin, AS padahal usianya baru  20 tahun 62 hari.

Sehari kemudian Marquez kembali membuat rekor baru dengan memenangi balapan MotoGP. Penampilannya sepanjang musim pertamanya ini pun mengesankan. Dia selalu naik podium kecuali di Italia dan Australia. “Aku tidak menduga akan bisa langsung bersaing dalam kejuaraan dunia (musim ini). Jorge Lorenzo tampil bagus, tapi terima kasih buat timku,” ujar Marquez. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *