Masyarakat Bacukiki Nikmati Internet Gratis

Irwan Asaad
Irwan Asaad

Parepare (rakyatbersatu.com) – Masyarakat Wattang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki dalam waktu dekat segera menikmati layanan internet gratis. Ini setelah Pemerintah Kota Parepare mendapatkan  bantuan fasilitas internet gratis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare, H Iwan Asaad, menjelaskan, fasilitas internet gratis tersebut akan dipasang di empat tempat, yakni Kantor Kelurahan Wattang Bacukiki, SD Negeri 32 dan 58 Parepare serta SMP Negeri 13 Parepare.

“Semua berlokasi di Kelurahan Wattang Bacukiki. Insyaallah kedepan cakupannya bisa lebih luas sehingga bisa meng-cover  seluruh masyarakat Bacukiki, utamanya di daerah pelosok yang selama ini sulit terjangkau jaringan internet,” ujar Iwan, dihubungi via telepon selulernya, Rabu, 9 Desember.  

Ia menjelaskan,  kerjasama program ini telah diteken pihaknya dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Hotel M-Regency Makassar, Rabu 2 Desember 2015 lalu. Acara ini juga dihadiri 14 daerah dari seluruh Indonesia yang juga mendapatkan program dimaksud.

“Setiap titik nantinya dipasangi alat khusus, untuk mengakses jaringan internet serta memaksimalkan ketersediaan bandwidth guna kenyamanan berinternet para pengguna,” terang Iwan.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo Republik Indonesia Prof. Dr. Kalamullah Ramli menjanjikan, peralatan akses internet tersebut sudah bisa digunakan paling lambat bulan Peberuari 2016 mendatang.

“Tujuan untuk mewujudkan percepatan penyediaan akses internet secara berkelanjutan dalam rangka pemberdayaan masyarakat di wilayah kabupaten/kota hingga pelosok desa/kelurahan sebagaimana program Pita Lebar Indonesia,” katanya.

Ia juga  menjelaskan pihaknya telah menunjuk Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BPPPTI) sebagai penyedia akses Internet untuk seluruh daerah yang mendapat program ini. “Seluruh biaya peralatan akses termasuk ke provider setiap bulannya ditanggung oleh Kementerian Kominfo,” paparnya.

Selain itu, pihak Kementerian Kominfo akan memberikan pelatihan teknis kepada sumber daya manusia yang telah disediakan oleh masing-masing daerah untuk bertugas sebagai operator perangkat dan/atau akses Internet.(a.rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *