Masyarakat Kampung Pa’batteang Ciptakan Ragam Kemajuan Bersama PNPM

Pembangunan di sektor religius sendiri diwujudkan bersama antara masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui perampungan Masjid Nurul Yaqin Kampung Pa’batteang.
Pembangunan di sektor religius  diwujudkan bersama melalui perampungan Masjid Nurul Yaqin Kampung Pa’batteang.

Selayar,- Sinergitas dan harmonisasi hubungan antara institusi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan lembaga Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan atau rural PNPM yang mulai dilaksanakan pada tahun 1998 lima belas tahun lalu, terlihat semakin nyata dan dirasakan manfaat keberadaannya oleh sejumlah warga masyarakat pedalaman terpencil.

Peran serta PNPM dalam program percepatan pengentasan kemiskinan dan pemerataan pembangunan perlahan mulai menghapuskan kesan kesenjangan di tengah-tengah lingkungan kehidupan masyarakat pedalaman terpencil yang nyaris tidak pernah merasakan sentuhan perhatian pemerintahnya.
Kontribusi nyata Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan ikut dirasakan oleh warga masyarakat Dusun Pa’batteang, Desa Lalang Bata, Kecamatan Buki yang dalam beberapa tahun terakhir turut mendapatkan sentuhan anggaran pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana fisik dimulai dari pembangunan gedung taman kanak-kanak dan gedung pertemuan yang keseluruhan kegiatannya dipusatkan di lingkungan Bolakang.
Dilain sisi,  program nasional pemberdayaan masyarakat perdesaan sebagai lembaga yang terbentuk dari…..hadir memanivestasikan kebijakan Pasal 28 H sebagaimana amandemen Undang-Undang Dasar 1945 terutama dalam rangka untuk mendukung terciptanya lingkungan kehidupan yang baik dan sehat bagi masyarakat kampung Pa’batteang melalui program pembangunan satu unit bak penampungan air bersih berukuran 3 x 3 x 2 M.
Program pembangunan bak penampungan air  yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan penyehatan lingkungan ini dibangun dari dana BLM  Ta. 2012 senilai Rp. 36.785.300 dengan sokongan dana swadaya masyarakat sebesar Rp. 3.000.000. 
Pemanfaatan bak penampungan air bersi ini telah diresmikan secara langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar, Drs. H. Syahrir Wahab, MM sebagai wujud dukungan nyata pemkab setempat terhadap kegiatan program air minum dan penyehatan lingkungan yang dirintis PNPM Perdesaan dengan mengusung Motto, “Bangga Membangun Desa”. 
Penerapan program air minum dan penyehatan lingkungan yang direfleksikan PNPM melalui kegiatan pembangunan bak air bersih di Dusun Pa’batteang ini pun turut mendapatkan dukungan apresiasi dari Ditjen Pemberdayaan masyarakat dan Kementrian Dalam Negeri.
Program pembangunan pos siskamling dan taman segitiga didesign sedemikian rupa dalam rangka untuk mendukung terciptanya lingkungan kehidupan tempat tinggal yang layak dan sehat setelah terbangunnya bak penampungan air bersih rintisan bersama antara program nasional pemberdayaan masyarakat perdesaan dan masyarakat kampung Pa’batteang. 
Keberpihakan terhadap peningkatan pembangunan infrastruktur perdesaan juga terus ditunjukkan Pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar melalui jalinan sinergitas kerjasama dengan instansi non Otoda, sepertihalnya, Kantor Kementerian Agama.
Rangkaian kerjasama tersebut salah satunya ditunjukkan melalui program pembangunan sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Bontomate’ne lengkap bersama dengan tiga unit bangunan ruang kelas baru (RKB) tambahan yang berada dibawah naungan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar.
Keberadaan sekolah ini sendiri diharapkan untuk dapat mendukung terwujudnya siswa yang bertaqwa, berahlaq mulia dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat  dan lingkungan sekitarnya.
Selain terus memacu pembangunan di bidang infrastruktur dan sarana prasarana fisik perdesaan, pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar juga tak luput menumbuh kembangkan sektor perekonomian rakyat  melalui pemberdayaan koperasi serba usaha  (KSU) Bhineka Tunggal Ika Dusun Pa’batteang sebagai salah satu pilot project pembangunan daerah.
Pembangunan di sektor religius sendiri diwujudkan bersama antara masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui perampungan Masjid Nurul Yaqin Kampung Pa’batteang yang pada bulan suci Ramadhan dan shalat Idul Fitri  tahun ini sudah dapat dimanfaatkan sebagai lokasi sholat Id. (fadly syarif)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *