Memudarnya Pesona Batu Akik

Pedagang batu akik di Pasar Sentral Makassar (foto yuyun)
Pedagang batu akik di Pasar Sentral Makassar (foto yuyun)

Makassar (rakyatbersatu.com) –Pesona dan dan trend batu akik perlahan surut dan memudar.  Pesona batu akik itu  tak lagi menyilaukan mata para pecinta batu-batu mulia ini. Turunnya minat masyarakat terhadap  batu permata  ini dinilai  sangat signifikan. Padahal beberapa bulan sebelumnya, batu akik menjadi salah satu faktor ekonomi paling diminati kalangan masyarakat. Mulai dari orang dewasa, anak-anak hingga kaum perempuan ikut mengoleksi batu akik ini.

         Dahsan, seorang penjual batu akik di wilayah Pasar Sentral Makassar  tak menampik turunnya pamor batu akik di kalangan masyarakat umum. Menurut dia, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor,  salah satunya  adalah rendahnya daya beli masyarakat terhadap batu akik.

           “Hampir semua orang sudah punya batu akik di jarinya. Beda dengan beberapa bulan lalu atau setahun lalu saat trend batu akik lagi tinggi-tingginya,” kata Dahsan. Menurut Dahsan, faktor lainnya adalah, minat masyarakat terhadap batu akik beralih ke trend lainnya. Hal itu kata dia, membuat batu akik yang banyak di jual dipasaran kian tak laku.

          “Mau bagaimana lagi, kita juga tak menyangka jika trendnya bisa turun drastis seperti sekarang. Pembeli batu akik sekarang tak seramai dulu,” ujarnya.    Akibatnya, lanjut Dahsan, bukannya untung, jualan batu akik justru membuatnya merugi.

          “Profesi ini memang sudah saya lakukan hampir setahun, tapi memang baru beberapa bulan terakhir tak laku, bukan Cuma saya yang mengalami kerugian, pedagang lain pun mengalami hal yang sama,” tandasnya. (yuyun hermawati taufiq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *