Menanam Pohon Bagian Amal Jariyah

 Tri Rismaharini didampingi FX Supanji dan artis ibukata memimpin penanaman pohon Trembesi di Kenjeran Surabaya, Sabtu (15-11) lalu)

Tri Rismaharini didampingi FX Supanji dan artis ibukata memimpin penanaman pohon Trembesi di Kenjeran Surabaya, Sabtu (15-11) lalu)

Belakangan ini suhu kota Surabaya lebih sejuk serta  pepohonan maupun pertamanan  jauh lebih tertata dan  asri. Semua kemajuan tersebut, tak terlepas dari an dingin  Walikota  Surabaya – Ir. Tri Rismaharini, MT. Dimasa kepemimpinannya sejak 2010 hingga 2014 ini, Kota Pahlawan meraih empat kali Piala Adipura berturut-turut pada kategori mertropolitan.  Apa resep keberhasilan walikota wanita pertama ini dalam mengelola lingkungan ?

“Guna menarik sebanyak mungkin partisipasi masyarakat  dalam mengelola lingkungan, pemkot Surabaya selalu mengingatkan menanam pohon dan memeliharanya bagian dari sedekah atau Amal Jariyah. Kendati, kendati pihak yang menanam pohon sudah meninggal dunia – pahalanya tetap mengalir selama pohonnya tetap hidup dan memberi manfaat bagi kehidupan berupa oksigen,” papar Ir. Tris Rismaharini sebelum memimpin penanaman pohon Trembesi 1350 KM Merak – Banyuwangi gagasan Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui Djarum Trees For Life (DTFL) yang sudah sampai  Kota Surabaya di Taman Bulak  Kenjeran, akhir pekan lalu.

Dihadapan   Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya Ir. Chalid Buhari, Suparto Wijoyo (pakar hukum lingkungan Universitas Airlangga), Dr. Ir. H. Endes. N. Dachlan (Pakar Trembesi dari IPB), dan F.X Supanji (Vice President Djarum Foundation) , Camat se-Kota Surabaya plus tiga artis ibukota – Sherly Mey, Shae, dan Christi Colondam, walikota bertitel Insinyur lulusan Arsitektur dan pasca Sarjana Manajemen Pembangunan Kota – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) tahun 2002 ini, suhu udara kota Surabaya kini  yang lebih sejuk dari Jakarta dan hampir sama dengan kota Bandung, tak terlepas dari kegigihan dan keseriusan jajaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemkot Surabaya yang dipimpinnya tahun 2005 silam dan dilanjutkan ketika menjadi Walikota sejak 28 September. 2010.

 Artis ibukota Shae, Christi Colondam dan Sherly Mae turut menanam pohon Trembesi.

Artis ibukota Shae, Christi Colondam dan Sherly Mae turut menanam pohon Trembesi.

“Jadi, Surabaya yang lebih sejuk dan hijau dari sebelumnya, bukan hasil instan tapi hasil penataan sejak sepuluh tahun silam. Dan saya sangat mendukung program Djarum Tress For Life menanam Trembesi Merak Banyuwangi karena produksi oksigen pohon ini sangat besar dan berperan besar menurunkan suhu udara Surabaya menjadi lebih dingin dan sejuk. Lihat Singapura, di sana tidak panas karena sebagian besar pohonnya Trembesi,” tutur Risma yang selain sukses mengantar kota Pahlawan menyabet empat Piala Adipura juga membawa Surabaya menjadi kota terbaik partisipasinya se-Asia Pasifik tahun 2013 versi Citynet atas keberhasilan pemerintah kota dan partisipasi masyakat dalam mengelola lingkungan.

Perawatan Tiga Tahun

Sementara  F.X Supanji, Vice President Director Djarum Foundation kepada RB.Com menambahkan, pihaknya  tak hanya  hanya melakukan penanaman. Juga melakukan perawatan selama 3 tahun  terhadap 36.357 pohon Trembesi yang nantinya tertanam di sepanjang 1.350 km jalur Pantura Pulau Jawa.

“Dengan komitmen yang tidak pernah putus inilah, maka Djarum Trees For Life terus berusaha melakukan penanaman pohon dan ikut berperan serta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tandasnya..  Jalur Pantai Utara dipilih karena merupakan jalur utama bagi pengendara antarkota di Pulau Jawa. Tanah yang gersang, udara panas serta tingkat polusi yang tinggi menjadi faktor utama penanaman  “Trembesi yang kami tanam dan dirawat,  nantinya diharapkan akan mampu menjadikan jalur Pantura Pulau Jawa teduh sekaligus berfungsi menyerap 1 juta ton gas CO2 setiap tahun,” harap Supanji.
Dr. Ir. H. Endes N. Dahlan, Dosen sekaligus Pakar Trembesi dari Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, pohon Trembesi merupakan suatu terobosan mengatasi pemanasan global karena memiliki daya serap gas CO2 yang sangat tinggi.

“Dengan diameter tajuk sepanjang 15 meter, satu batang pohon Trembesi mampu menyerap 28,5 ton gas CO2 setiap tahunnya,” ungkap. Endes N. Dahlan. (naskah dan foto – ata)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *